Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Nias Utara

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruang pertemuan kantor Bappeda Kabupaten Nias Utara. Pelaksanaan forum ini mulai tanggal 5 Maret dan berakhir tanggal 6 Maret 2019 yang difasilitasi oleh Bappeda Kabupaten Nias Utara. Forum ini salah satu tahapan dalam penyusunan Renja Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang diamanatkan Undang-undang No. 25 Tahun 2004 pasal 5 ayat 2, Undang-undang No. 23 Tahun 2014, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2006 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 tahun 2011 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017.

Dalam sambutan Bupati Nias Utara yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan memperhatikan program prioritas dan isu-isu Nasional yang sedang berkembang. Contohnya isu Penanganan Stanting. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) didorong untuk ikut ambil bagian dalam menekan angka stanting di Nias Utara dengan mengikutkan kegiatan-kegiatan dimaksud kedalam Renja masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 yaitu “Peningkatan Sumber Daya Manusia Untuk Pertumbuhan Berkualitas” dengan Prioritas Pembangunan Nasional:
1. Pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan;
2. Penguatan konektivitas dan pemerataan;
3. Peningkatan nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja;
4. Pemantapan ketahanan pangan, air, energy dan pelestarian lingkungan hidup;
5. Stabilitas pertahanan dan keamanan.

Ada pun tema Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Utara 2020 yaitu “Pembangunan yang berkelanjutan untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi yang berdaya saing” dengan Prioritas Pembangunan Daerah:

1. Peningkatan pertumbuhan dan daya saing ekonomi;
2. Peningkatan kualitas dan perluasan pelayanan dasar;
3. Pemberdayaan masyarakat;
4. Peningkatan dan pembangunan ifrastruktur dasar;
5. Peningkatan tata kelola pemerintahan.

Pelaksanaan forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara Bapak Ya’aman Telaumbanua dan Dalifati Ziliwu, Staf ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat dan ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara.