Fasilitasi Penginputan, Penyusunan Profil Desa Dan Monografi Desa Kabupaten Nias Utara Tahun 2019

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Nias Utara salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang kegiatannya memfasilitasi Penginputan, Penyusunan Profil Desa dan Monografi Desa se-Kabupaten Nias Utara.

Profil Desa merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter desa yang meliputi Data Dasar Keluarga, Potensi SDA, SDM, Kelembagaan, Prasarana dan Sarana, serta Perkembangan Kemajuan & Permasalahan yang dihadapi. Secara khusus Penginputan, Penyusunan Profil Desa dan Monografi Desa  sebagai alat pendataan Desa merupakan kumpulan data komprehensif (multi sektoral), yang diharapkan dapat mengakomodasikan kebutuhan data bagi pemanfaat data. Data atau informasi Profil Desa akan membantu Dinas/Sektor/Instansi dan masyarakat dalam melaksanakan program-program pembangunan secara cepat dan sesuai dengan kebutuhan Desa masing-masing.

Untuk Penginputan, Penyusunan Profil Desa dan Monografi Desa se-Kabupaten Njas Utara diwaali dengan persiapan, Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Hasil Data, Publikasi terhadap Masyarakat dan Pendayaagunaan.dimana hal ini sesuai dengan  Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.

Sebelum memfasilitasi  Penginputan, Penyusunan Profil Desa dan Monografi Desa se-Kabupaten Nias Utara, Pada tahun 2018 Dinas PMD Kab. Nias Utara telah melakukan Sosialisasi Penyusunan  Profil Desa dan Monografi Desa Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan pada tanggal 30 April 2018 di Aula Kantor Bupati Nias Utara. Adapun Gambaran Pelaksanaan Sosialisasi Penyusunan Profil Desa dan Monografi Desa se-Kabupaten Nias Utara sebagai berikut :

1. Pembukaan Pelaksanaan Sosialisai
Penyusunan Profil Desa dan Monografi Desa Kabupaten Nias Utara 2018.
Pelaksanaan Sosialisasi Penyusunan Profil Desa dan Monografi Desa Kabupaten Nias Utara 2018 terlaksana dengan hidmat dan keseriusan yang mendalam dan penuh dengan semangat keakraban serta kerjasama yang baik. Pelaksanaan Pembukaan sosialisasi ini di awali pembicaraan oleh Wakil Bupati Nias Utara yang didampingi oleh Narasumber dari Provinsi Sumatera Utara dan Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Utara serta Tim Panitia Terpadu Penyusunan Profil Desa dan Monografi Desa Kabupaten Nias Utara 2018

2. Penyampaian Materi dan Pelaksanaan
Pelatihan Penyusunan Profil Desa dan Monografi Desa Kabupaten Nias Utara 2018.
Mekanisme Penyusunan Profil Desa dan Monografi Desa diwali dengan persiapan, Pengumpulan Data, Pengolahan Data (Klarifikasi, Tabulasi, Kompilasi dan Rekapitulasi melalui Pogram Aplikasi maupun Secara Manual), Hasil Data, Publikasi terhadap Masyarakat Keluaran Profil dan Pendayaagunaan.
Sumber informasi dalam pengumpulan data profil desa adalah kepala keluarga, pengurus RT, pengurus RW, kepala dusun, kepala lingkungan, kepala desa, lurah dan perangkat desa dan kelurahan, pengurus TP-PKK dan lembaga kemasyarakatan serta unit pelaksana teknis satuan kerja perangkat daerah dan perangkat pusat yang ada di desa, kelurahan dan kecamatan.

3. Hasil Fasilitasi Penginputan, Penyusunan Profil Desa dan Monografi Desa se-Kabupaten Nias Utara

Adapun hasil pelaksanaan fasilitasi Penginputan, Penyusunan Profil Desa dan Monografi Desa se-Kabupaten Nias Utara yang telah melaksanakan penginputan di dalam Aplikasi Website http://www.prodeskel.binapemdes.kemendagri, pertanggal 11 Februari 2019, 17 (tujuh belas) Desa sudah melakukan Penginputan, 33 (tiga puluh tiga) Desa sedang proses penginputan dan 62 (enam puluh dua) Desa yang belum memulai menginput.
Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh Desa yang sedang Proses dan yang belum melaksanakan penginputan agar melaksanakan percepatan penginputan Profil Desanya masing-msing dan Desa yang sudah melakukan penginputan cukup diberikan Apresiasi serta di ucapkan terimakasih.

Sumber : Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Nias Utara