BUPATI NIAS UTARA SAMPAIKAN PIDATO PERDANA PADA RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DRPD KABUPATEN NIAS UTARA

Bertempat di ruang rapat DPRD Kabupaten Nias Utara lantai 3, Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd didampingi Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega A.Pi., MSi menyampaikan pidato perdana pasca pelantikan pada rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Nias Utara. Kamis, 29 April 2021.

Sukanto Waruwu, SE (Ketua DPRD Kab. Nias Utara)

Rapat Paripurna Istimewa DPRD yang dipimpin dan dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara Sukanto Waruwu, SE diawali dengan acara Serah Terima Jabatan dari Plh Bupati Nias Utara Yafeti Nazara, S.Kep, M.Kep., NSpM kepada Bupati Nias Utara Terpilih Amizaro Waruwu, S.Pd yang disaksikan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara, Forkopimda, para Staf Ahli, Asisten dan Kepala Perangkat Daerah serta hadirin lainnya.

Amizaro Waruwu, S.Pd (Bupati Nias Utara)

Dalam Pidato Perdananya Bupati Nias Utara menyampaikan beberapa hal yang menjadi perhatian utama terkait dengan kondisi Nias Utara saat ini. Hal yang pertama adalah terkait peningkatan pemanfaatan Sumber Daya Alam. Bupati Nias Utara mengakui bahwa Sumber Daya Alam dimaksud masih belum maksimal dikelola untuk dapat menjadi kekuatan membangun Kabupaten Nias Utara mengejar ketertinggalan.

Hal berikutnya yang perlu menjadi perhatian adalah peningkatan Sumber Daya Manusia melalui dunia pendidikan. Salah satunya adalah melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi agar proses perkuliahan di Akademi Komunitas Nias Utara dapat dilanjutkan dan menjadi PSDKU. Dijelaskan Bupati bahwa peningkatan Sumber Daya Manusia ini sudah dimulai dengan penandatanganan MoU tentang Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Sumatera Utara (USU) pada tanggal 26 April 2021 yang lalu dan selanjutnya akan memaksimalkan semua proses untuk menghasilkan MoA sehingga PSDKU di Kabupaten Nias Utara dapat terwujud.

Selanjutnya Bupati Nias Utara juga menyampaikan tentang pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nias Utara yang masih jauh berada dibawah pertumbuhan ekonomi Nasional dan Provinsi Sumatera Utara. Oleh sebab itu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nias Utara telah dirumuskan 4 paket kebijakan pembangunan ekonomi daerah yaitu PSDD, DeMO, MiPED dan ProDB.

 

“Untuk mewujudkan Visi Nias Utara maju, sejahtera dan berkeadilan, maka Nias Utara harus mampu membangun kekuatan, mengambil peluang, mencari kelemahan, dan tantangan yang akan dihadapi. Misi yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan cara bekerja fokus, tuntas dan sesuai kebutuhan serta pembangunan secara terintegrasi, koordinasi dan konsistensi,” jelas Bupati.