BUPATI NIAS UTARA RESMIKAN JARINGAN LISTRIK DESA

Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) resmikan jaringan Listrik Desa masing-masing di Desa Hilimbowo Kare Kecamatan Alasa Talumuzoi, Desa Lahemboho Kec. Alasa. Pembangunan jaringan listrik di wilayah Kabupaten Nias Utara sebagai tindak lanjut MoU Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara Area Nias tentang Nias Terang 2019 yang ditandatangani bersama pada tanggal 18 September 2018 yang lalu. Peresmian jaringan Listrik Desa ini dilaksanakan di Balai Desa Hilimbowo Kare Kec. Alasa Talumuzoi Kab. Nias Utara (Selasa, 28 Juli 2020).

Dalam sambutan Camat Alasa Peringatan Hulu, M.Pd mewakili Camat yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada PT PLN (Persero) UP3 Nias yang telah merealisasikan pemasangan jaringan listrik di beberapa desa, khususnya di Kecamatan Alasa dan Alasa Talumuzoi. Peringatan Hulu juga berharap bahwa desa lainnya yang masih belum teraliri listrik dapat segera dialiri listrik dalam waktu yang tidak terlalu lama dan mendukung secara penuh pembangunan jaringan listrik dimaksud.

Manager PT PLN (Persero) UP3 Nias Darwin Simanjuntak menyampaikan terimakasihnya atas dukungan serta kerjasama masyarakat sehingga pemasangan jaringan listrik desa dapat terealisasi. “Tanpa dukungan dan kerjasama masyarakat merelakan tanahnya digunakan atau tanamannya ditebang untuk pemasangan jaringan listrik, maka apa yang kita saksikan hari ini tidak akan pernah terwujud. Pembangunan itu butuh kerjasama dan juga pengorbanan,” ucap Manager PT PLN (Persero) UP3 Nias.

Darwin Simanjuntak juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Nias Utara yang terus mendorong dan mendukung pembangunan jaringan listrik ke seluruh wilayah Kabupaten Nias Utara. “Hampir tiap hari pak Bupati menghubungi saya dan terus mengingatkan agar pemasangan jaringan listrik di wilayah Kabupaten Nias Utara dapat segera terealisasi ke seluruh wilayah Kabupaten Nias Utara”, ucap Darwin.

M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)

Dalam arahannya Bupati Nias Utara menyampaikan terimakasihnya khususnya kepada Manager PT. PLN (Persero) UP3 Nias yang selama ini telah memberikan perhatian dan terus berupaya memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Nias Utara. Bupati berharap bahwa pemasangan jaringan listrik di desa-desa yang masih belum teraliri listrik terus dipacu oleh PT. PLN (Persero) UP3 Nias sampai semua rumah warga di wilayah Kabupaten Nias Utara teraliri listrik.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga kembali menghimbau dan mengingatkan masyarakat agar dapat menjaga dan memelihara dengan baik jaringan listrik yang sudah dibangun PLN. Himbauan pemeliharaan jaringan listrik ini telah dituangkan dalam Surat Edaran Bupati Nias Utara Nomor 500/542/EK/2020 tanggal 16 Juni 2020 tentang Himbauan Pemeliharaan Jaringan Listrik Di Wilayah Kabupaten Nias Utara.

Peresmian jaringan listrik desa juga dilaksanakan di Desa Botona’ai pada hari Rabu 29 Juli 2020 bertempat di Balai Desa Botona’ai Kec. Tugala Oyo Kabupaten Nias Utara. Ada 3 (tiga) Desa yang sekaligus diresmikan pada kesempatan tersebut yaitu Desa Botona’ai, Desa Gunung Tua dan Desa Harefa.

Pada peresmian jaringan listrik desa yang dilaksanakan di Balai Desa Hilimbowo Kare Kec. Alasa Talumuzoi Kab. Nias Utara tersebut turut hadir kepala OPD, Camat Alasa Talumuzoi, Koramil Alasa, Kepala Desa Hilimbowo Kare, Kepala Desa Lahemboho dan tokoh-tokoh masyarakat.