Bupati Nias Utara Membuka Secara Resmi Kegiatan Bulan Bhakti IBI-KB Tahun 2019

Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) membuka secara resmi kegiatan Bulan Bhakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Keluarga Berencana (KB) – Kesehatan Tahun 2019 yang difasilitasi oleh Dinas P2PAP2KB  Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di lapangan kantor Camat Lotu Kabupaten Nias Utara (Selasa, 7 Mei 2019). Kegiatan Bulan Bhakti Ikatan Dokter Indonsia (IBI) ini dilaksnakan dengan tema “Melalui momentum IBI – KB Kesehatan, Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan KB dan Kesehteraan Masyarakat, Sekaligus Sebagai Upaya Menurunkan Fertilitas Serta Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”

Pada arahan Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara menyampaikan bahwa Program KB bukanlah suatu hal yang wajib bagi masyarakat untuk diikuti namun sangat disarankan, karena dapat menekan tingkat kelahiran sehingga menjaga kepadatan penduduk agar tetap stabil. Program ini sesuai dengan agenda prioritas pembangunan nasional Nawacita ke 3 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan RI dan Nawacita ke 5 yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia serta Nawacita ke 8 yakni melakukan revolusi karakter bangsa. Melalui program KB mari kita membangun perencanaan hidup yang sehat dan mewujudkan keluarga berkualitas karena KB bukan hanya tentang kesehatan reproduksi saja, namun juga melaksanakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk  membentuk pola hidup sehat dalam keluarga karena kesehatan penduduk Indonesia merupakan aset yang tidak ternilai harganya bagi pembangunan bangsa.

Di akhir arahannya, Bupati Nias Utara mengucapkan terima kasih Kepada segenap pihak yang terkait dalam pelaksanaan kegiatan  Bulan Bhakti IBI-KB Tahun 2019 dengan Motto “DUA ANAK CUKUP, KELUARGA BAHAGIA”. Semoga berjalan dengan baik. 

Dalam laporan ketua panitia IBI, Rosana Poluan menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan perjanjian kerjasama antara Keluarga berencana kependudukan dan keluarga berencana nasional dan Ikatan Bidan Indonesia nomor 157/KSM/E.2/2015 dan nomor 1740/PPIBI/IV/2015 tentang kerjasama perluasan akses dan peningkatan kualitas pelayan KB dan kesehatan reproduksi GDPA Dinas P2PAP2KB T.A 2019 Kabupaten Nias Utara. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini agar meningkatkan pengelolaan dan pelaksanaan keluarga berencana dan kesehatan melalui Bhakti sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI) – KB Kesehatan di Provinsi Sumatera Utara.

Pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas P2PAP2KB dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk : Menurunkan Laju Pertumbuhan Penduduk, Menurunkan angka Kelahiran, Meningkatnya pemakaian alat kontrasepsi, Menurunnya kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi, Menurunkan Angka Kelahiran Pada Remaja, serta menurunkan Kehamilan yang tidak diinginkan dari wanita usia subur. Ia pun menambahkan bahwa IBI merupakan mitra kerja yang sangat potensial dalam mempercepat pencapaian keberhasilan program Keluarga Berencana. Dengan adanya bidan sampai ke tingkat desa atau dusun dapat memberikan pelayanan dan pemahaman tentang pengaturan jarak kehamilan kepada ibu-ibu, sehingga menekan angka kelahiran.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala OPD, Camat, ASN serta THL lingkup Pemkab Nias Utara serta para undangan lainnya.