BUPATI NIAS UTARA BUKA SECARA RESMI PELAKSANAAN PELAYANAN TERPADU PKK BANGGA KENCANA KESEHATAN PELAYANAN MOW DAN MOP

Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Pelayanan Terpadu  PKK – Bangga Kencana Kesehatan Pelayanan MOW (Metode Operasi Wanita) dan MOP (Metode Operasi Pria) yang dilaksanakan di Rumah Sakit Pratama Kabupaten Nias Utara. Rabu, 13 Oktober 2021.

Marieli Harefa, SKM (Kepala Dinas P2AP2KB)

Pada laporannya Kepala Dinas P2AP2KB Marieli Harefa, SKM menyampaikan pelaksanaan kegiatan pelayanan program KB Kes dilaksanakan selama 3 bulan dimulai bulan Oktober s.d Desember 2021 di masing-masing kecamatan se- Kabupaten Nias Utara.

Ditambahkannya, bahwa khusus pelayanan MOW dan MOP hanya dilaksanakan selama 2 hari di RS Pratama Kabupaten Nias Utara. Kadis P2AP2KB juga menyampaikan bahwa sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam DPA Dinas P2AP2KB T.A 2021 pelayanan MOW dan MOP hanya tertampung sebanyak 130 orang dan dilaksanakan hanya selama 2 hari (13-14 Oktober 2021) di RS Pratama Kab. Nias Utara, sehingga untuk selebihnya dilayani secara program KB biasa/umum.

Noferman Zega, S.E ( Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara)

Pada Sambutannya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara Noferman Zega, S.E menyampaikan dukungan dan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan KB Kes tersebut dan berharap bahwa kegiatan ini dapat berkesinambungan karena berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat . Noferman Zega juga berharap seluruh yang terlibat dalam pelayanan tersebut dapat memberikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada masyarakat.

Ny. Arismanwati Amizaro Waruwu (Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara)

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara Ny. Arismanwati Amizaro Waruwu yang juga sekaligus sebagai Ketua Tim Pelaksana Kegiatan KB Kes Kabupaten Nias Utara Tahun 2021 menyampaikan bahwa pelaksanaan program PKK Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2021 adalah merupakan tindak lanjut surat Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi tentang Pelayanan KB dan KR bersama Mitra Kerja Provinsi Sumatera Utara mengenai metode Kontrasepsi Jangka Panjang MOW dan MOP tahun 2021.  Dalam pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat mencapai target sebanyak 8.572 orang di  11 Kecamatan se-Kabupaten Nias Utara.

Direktur RS Pratama Kabupaten Nias Utara dr. Warisman Lahagu M.Kes menyampaikan  bahwa siap mendukung pelaksanaan kegiatan ini dan berharap dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa masalah.

Amizaro Waruwu, S.Pd (Bupati Nias Utara)

Pada arahannya Bupati Nias Utara menyampaikan bahwa pelayanan KB dan khususnya pelayanan MOW dan MOP bertujuan untuk mengurangi dan mengendalikan pertumbuhan penduduk di Indonesia pada umumnya dan di Kabupaten Nias Utara pada khususnya.  Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dan tentunya perlu disambut dengan baik.

“Jangan takut atau khawatir. Ini adalah program nasional karena segala sesuatunya sudah diperhitungkan dengan baik oleh para dokter apakah ibu atau bapak layak dioperasi atau tidak. Saya yakin dokter yang menangani sudah punya pengalaman dan ahli di bidangnya” ucapnya.

Mengakhiri arahannya, Bupati Nias Utara menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Nias Utara menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut dan dengan memohon Ridho Tuhan yang Maha Kuasa Bupati membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan PKK – Bangga Kencana Kesehatan Pelayanan MOW (Metode Operasi Wanita) dan MOP (Metode Operasi Pria).

Pada kegiatan ini turut hadir Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo, Anggota TP. PKK Kab. Nias Utara, Tim Dokter Pelaksana Operasi beserta para Tenaga Kesehatan lainnya dan  para peserta kegiatan program pelayanan MOW dan MOP.