BUPATI NIAS UTARA BERTINDAK SEBAGAI IRUP HARKITNAS KE-111 TAHUN 2019 TINGKAT KABUPATEN NIAS UTARA

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan upacara ‘PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-111’ di halaman Kantor Bupati Nias Utara Senin, 20 Mei 2019. Pelaksanaan upacara ini difasilitasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias Utara.

Pada upacara ini yang bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara). Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan oleh Bupati Nias Utara  menyampaikan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111 (20 Mei 2019), kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa yang ditemukan pada Kitab Pararaton tertulis: Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”.

Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini. Dengan semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema “Bangkit Untuk Bersatu“. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia. Bangsa ini adalah bangsa yang besar. Yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad. Kuncinya ada dalam dwilingga salin suara berikut ini: gotong-royong.

Sebagaimana diserukan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada pidato di depan Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2018 lalu, dari tanah Minang kita diimbau dengan petuah ‘Barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang’. Kita juga diwarisi pepatah Sunda yang berbunyi ‘Sacangreud pageuh, sagolek pangkek’. Dari Bumi Anging Mamiri, kita bersama-sama belajar ‘Reso temma-ngingi, nama-lomo, nale-tei, pammase dewata’ . Dari Bumi Gora, kita diminta: ‘Bareng bejukung, bareng bebose’. Dari Banua Banjar kita bersama-sama menjunjung ‘Waja sampai kaputing’. Semua menganjurkan bekerja secara gotong-royong.

Diakhir pembacaan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) mengucapkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, seraya mengajak agar  sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan dipentas global.

Pelaksanaan upacara ini turut hadir  Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, TNI dan POLRI, ASN, dan THL serta siswa/siswi SMP, SMA/SMK Lingkup Pemkab Nias Utara.