Bupati Nias Utara Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Pada Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74 Tahun 2020 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) yang ke-74 Tahun 2020 dengan tema “Umat Rukun, Indonesia Maju”. Upacara yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Nias Utara tersebut, Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) bertindak sebagai inspektur upacara (Jumat, 3 Januari 2020).

Nias Utara – Upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) yang ke-74 Tahun 2020

 

M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)
M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)

Pada amanat Menteri Agama RI (Fachrul Razi) yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menyampaikan bahwa Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis secara kontekstual ditengah masyarakat. Tugas utama Kementerian Agama yakni untuk membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik serta menyelenggarakan dua fungsi strategis yaitu fungsi agama dan pendidikan. Secara khusus untuk jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia diajak untuk memahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi, tugas dan fungsi dalam konteks relasi agama dan Negara. Menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementerian Agama ditengah arus kehidupan yang serba materialistis. Selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan. Tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan. Perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan, dan segenap elemen masyarakat. Merangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan dan persatuan sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau beda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan. Mengimplementasikan Visi da Misi Pemerintah kedalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja pusat, daerah dan Perguruan Tinggi Keagamaan.

Foto bersama pada acara ramah tamah di kantor Kementerian Agama Kab. Nias Utara

Penyerahan secara simbolis bantuan pinjam pakai 4 (empat) unit kendaraan roda dua

Setelah Upacara selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan acara ramah tamah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara, Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, Ketua TP. PKK Kabupaten Nias Utara, Ketua BKAG Kabupaten Nias Utara, Kepala Urusan Agama tingkat Kecamatan dan Penyuluh Agama se-Kabupaten Nias Utara. Acara ramah tamah yang berlangsung penuh kekeluargaan ini juga ditandai dengan penyerahan secara simbolis bantuan pinjam pakai 4 (empat) unit kendaraan roda dua dari Pemerintah Kabupaten Nias Utara kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara yang diserahkan langsung oleh Bupati Nias Utara kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara Yamamoni Laoli, MM, untuk mendukung operasional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara.