PERINGATAN HUT KARTINI YANG KE-139 DI KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN 2018

 

Nias Utara, Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kartini Yang Ke-139 di Kabupaten Nias Utara dengan tema “Meningkatkan Kualitas Pemberdayaan Perempuan dengan Semangat Kartini”, dan Sub Tema “Mari Kita Tingkatkan Wanita Sejak Dini dan Menjaga Kesehatan Diri, Keluarga dan Mengembangkan Keterampilan Yang dimiliki”. Kegiatan ini difasilitasi oleh TP. PKK Kabupaten Nias Utara, yang dilaksanakan di Halaman Pendopo Bupati Nias Utara, Selasa 24 April 2018 Pukul 08.30 Wib s/d selesai. Pada Upacara tersebut yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, Komandan Upacara Ny. Suryani Herman Zebua, Pembaca UUD 1945 Ny. Essia ferianus Telaumbanua, Pembaca Sejarah Singkat RA. Kartini Ny. Elvirozama Lase, pada upacara tersebut diikuti oleh Staf Ahli Bupati beserta Nyonya, Asisten beserta Nyonya, Pimpinan Perangkat Daerah beserta Nyonya Lingkup Pemkab. Nias Utara, Ketua TP. PKK Kab. Nias Utara, berserta anggota, Ketua DWP Kab. Nias Utara beserta anggota, Nyonya Pj. Sekretaris Daerah Kab. Nias Utara, Kabag Lingkup Setda Kab. Nias Utara, Forkopimda, Camat beserta Nyonya se-Kab Nias Utara, seluruh ASN Kab. Nias Utara Ketua Organisasi Wanita se-Kab Nias Utara, Ketua TP. PKK se-Kecamatan dan Desa diwilayah Kab. Nias Utara, Kepala Desa, Tokoh Wanita dan Tokoh Masyarakat.

Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara menyampaikan amanatnya, bahwa sebagai bangsa Indonesia khususnya kaum ibu pada peringatan hari kartini merupakan momentum kebangkitan jiwa kaum wanita Indonesia yang dipelopori oleh RA. Kartini, karena suksesnya memperjuangkan hak-hak wanita ditengah penjajahan belanda pada saat itu, sehingga pada Peringatan hari Kartini kita jadikan sebagai semangat untuk terus bangkit dari ketertinggalan menuju wanita Indonesia yang bermartabat dan berkualitas. Kepada wanita-wanita Nias Utara terus berupaya meningkatkan perannya demi kemajuan bangsa dan negara tanpa melupakan kodratnya sebagai wanita yang mencerminkan keluwesan, kelembutan, keindahan dan kesopanan. Selanjutnya pada kesempatan tersebut agar dinas terkait lebih meningkatkan partisipasi dan kepedulian kepada wanita-wanita Kabupaten Nias Utara terutama dibidang pendidikan keterampilan (skill) dan kesehatan sehingga terwujud Nias Utara yang maju, kuat dan mandiri. Selanjutnya beliau mengajak seluruh kaum Ibu-ibu untuk meningkatkan kualitas keluarga melalui generasi sehat, berbenah diri dan terus berbuat yang terbaik bagi keluarga.

Setelah pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kartini yang ke-139 Tahun 2018 Kabupaten Nias Utara dilanjutkan acara Gebyar Kartini yang ditandai dengan pemotongan kue HUT Kartini Ke-139 oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Nias Utara Ny. Dermawani M. Ingati Nazara didampingi oleh Nyonya Sekda.
Selanjutnya pada laporan ketua panitia Ny. Lestari Sujudman Telaumbanua, menyampaikan pelaksanaan Peringatan Hut Kartini Ke-139 tahun 2018 untuk mengenang jasa Raden Ajeng Kartini dan sebagai momentum dalam memotivasi kaum perempuan untuk meningkatkan perannya dalam pembangunan khususnya di Kabupaten Nias Utara, untuk memeriahkan Hut tersebut beberapa kegiatan/lomba yang ditampilkan yakni: Senam Tobelo, Menganyam Keleomo, Lomba Pidato, Fashion Show kartini cilik (anak-anak Paud/TK).

Ketua TP. PKK Kabupaten Nias Utara Ny. Dermawani M. Ingati Nazara menyampaikan, bahwa melalui Peringatan Hari Kartini yang Ke-139 Tahun 2018 di Kabupaten Nias Utara, kita jadikan sebagai contoh perjuangan RA. Kartini yang gigih dan yang memperjuangkan haknya sebagai kaum wanita dan pantang menyerah. Selanjutnya, mengharapkan dukungan dari kaum bapak-bapak untuk dapat memberikan kesempatan kepada kaum ibu-ibu agar ikut dalam organisasi kewanitaan terutama ditingkat desa, kecamatan maupun tingkat kabupaten sehingga kaum wanita mampu berdaya saing dalam berbagai bidang.

Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara juga menyampaikan, gambaran dan barometer kepada kaum Ibu saat ini hanya karena perjuangan RA. Kartini dapat menyamakan kedudukan dan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan didalam segi aspek tanpa ada perbedaan yang menciptakan aspirasi baru bagi dunia internasional dan di Republik Indonesia pada khususnya. Untuk itu mewujudkan semangat dan meneruskan perjuangan RA. Kartini, marilah memulai dari sekarang karena kalau bukan sekarang kapan lagi dan kalau bukan kita siapa lagi.

Pada akhir acara dilanjutkan dengan penyerahan Tropy dan Piagam Penghargaan bagi seluruh kejuaraan lomba.(Kominfo Nias Utara by admin)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons