Wakil Bupati Nias Utara Membuka Secara Resmi Kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan Bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun 2019

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan Pembinaan Wawasan Kebangsaan Bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten Nias Utara yang difasilitasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di Pondok Sevana Pantai Fofola Indah Tuhemberua Kecamatan Tuhemberua (Selasa, 02 April 2019).

Dalam laporan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias Utara bahwa pelaksanaan kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan Bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun 2019 dilaksanakan atas dasar Program OPD Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2019 dan Keputusan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias Utara Nomor: 300/07/K/Tahun 2019.

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang wawasan kebangsaan yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mampu mempertahankan wawasan kebangsaan dan nasionalisme demi terwujudnya kerukunan masyarakat guna menjaga kebhinekaan dan keutuhan NKRI sehingga dapat mewujudkan masyarakat Nias Utara yang maju, berdaya saing, beriman dan berbudaya.

 HAOGOSOKHI HULU, S.E, M.M (Wakil Bupati Nias Utara)

Wakil Bupati Nias Utara (HAOGOSOKHI HULU, S.E, M.M) dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembinaan wawasan kebangsaan bagi aparatur pemerintah di daerah Kabupaten Nias Utara sangat penting dalam memberikan penguatan moral dan pola pikir pegawai negeri sipil sebagai aparatur pemerintah yang berjiwa pancasila, taat kepada hukum yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga dapat mewujudkan tugas dan fungsinya sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat yang menjadi panutan bagi masyarakat Kabupaten Nias Utara. Pembinaan wawasan kebangsaan juga dapat menghindari terjadinya instabilitas dan disintegrasi bangsa yang bermuara pada gerakan-gerakan separatisme secara sporadis, kegiatan terorisme dan hal-hal lain yang membahayakan keutuhan bangsa dan negara. Pemahaman tentang wawasan kebangsaan bagi ASN sangat penting dan tetap dijaga terlebih-lebih pada pelaksanaan Pemilu serentak 17 April 2019 ini. ASN dituntut untuk tetap menjaga netralitas baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di media sosial. Pada akhir arahan bimbingan Wakil Bupati Nias Utara mengharapkan agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh serta membuka secara resmi kegiatan yang dimaksud.

Dalam kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan Bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun 2019 yang menjadi Narasumber adalah Danramil Tuhemberua dengan materi “4 PILAR KEBANGSAAN” serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias Utara dengan materi “ Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta lagu Kebangsaan.

Pelaksanaan kegiatan ini turut dihadiri Kapolsek Tuhemberua, Danramil Tuhemberua, Para Camat, Sekretaris Camat, ASN dan Staf Kantor Camat, Kepala UPT Dinas Pendidikan, Kepala UPT Dinas Kesehatan, Kepala Desa dari wilayah Kecamatan Lotu, Kecamatan Sitolu Ori, Kecamatan Sawo dan Kecamatan Tuhemberua.