Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 Kabupaten Nias Utara

Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan upacara penaikan bendera di halaman pendopo Kabupaten Nias Utara. Bertindak sebagai Inspektur upacara Kapolres Nias (AKBP Deni Kurniawan) dan Komandan upacara Danramil 05 Lahewa (Kapten Inf. Hs Lase). Pelaksanaan upacara ini difasilitasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias Utara (Selasa, 1 Oktober 2019).

AKBP Deni Kurniawan (Kapolres Nias)

Pada amanat Inspektur upacara Kapolres Nias (AKBP Deni Kurniawan) menyampaikan bahwa momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus dapat memberikan kesadaran bagi kita untuk meresapi nilai-nilai luhur yang telah dirumuskan oleh para pendiri bangsa agar dapat merekat erat sebagai ideologi bangsa. Pancasila merupakan dasar Negara Indonesia, pandangan hidup,  jati diri bangsa , falsafah, ideologi, dan alat pemersatu bangsa Indonesia yang majemuk yang tetap kokoh berdiri tegak hingga kini. Bangsa Indonesia yang memiliki beragam suku, agama, budaya, bahasa, adat istiadat serta warna kulit dipersatukan melalui nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Pancasila bukanlah sekedar rangkaian aturan luhur yang harus dihafal namun esensinya merupakan perilaku yang berpedoman pada pancasila. Selanjutnya, Inspektur upacara menyampaikan bahwa dalam membangun karakter bangsa dan falsafah Pancasila diawali dengan memberikan pendidikan Pancasila sejak usia dini hingga dewasa serta menjalankan falsafah pancasila dengan pendidikan yang benar. Sebagai individu juga harus berusaha membangun karakter individu yang benar untuk membangun karakter bangsa yang kuat dengan tujuan untuk membina dan mengembangkan karakter warga Negara sehingga mereka mampu mewujudkan nilai-nilai Pancasila. Mengakhiri amanatnya, Inspektur upacara mengucapkan selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 Kabupaten Nias Utara dan senantiasa mewujudkan cita-cita pendiri bangsa serta semoga masyarakat Kabupaten Nias Utara lebih sukses lagi dalam upaya melangkah kedepan menuju Kabupaten Nias Utara yang maju, berdaya saing, beriman dan berbudaya.

Upacara ini dihadiri oleh Bupati Nias Utara, Wakil Bupati Nias Utara, Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara, TNI, Polri, ASN dan THL lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara.