Supervisi TP PKK Dan Dinas Terkait Provinsi Sumatera Utara

Tim Supervisi TP PKK dan Dinas terkait Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Supervisi Desa Binaan TP PKK Kabupaten Nias Utara dengan kategori Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Hatinya PKK dan Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) yang dilaksanakan di Aula Pendopo Kabupaten Nias Utara (Jumat, 29 Maret 2019).

Dalam laporan Ketua TP PKK Kabupaten Nias Utara yang diwakili sekretaris Ny. Suryani Herman Zebua menyampaikan bahwa:

  1. Dalam rangka HKG BBGRM telah melaksanakan lomba antara lain: tertib administrasi, PAAR, UP2K, HATINYA PKK dan IVA TES.
  2. Dalam rangka PKK KKBPK KES yakni: LBS,Posyandu, dan PHBS.
  3. Telah menyurati Kecamatan pada akhir tahun 2018 untuk mengajukan nama desa pelaksana terbaik PAAR, HATINYA PKK, serta POSYANDU.
  4. Dari 11 Kecamatan hanya 9 Kecamatan yang sudah mengajukan tetapi ada peningkatan keikutsertaan jika dibandingkan dari tahun sebelumnya.

Pada kesempatan itu juga Ny. Suryani Herman Zebua mengharapkan kepada OPD, TP PKK Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa untuk bersama membenahi, melatih, membimbing serta memberi semangat kepada Desa binaan TP PKK Kabupaten Nias Utara.

Dalam sambutan ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Sekretaris menyampaikan bahwa pelaksanaan supervisi ini bertujuan untuk mengetahui berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten/Kota dalam membina Kecamatan dan Desa/Kelurahan tentang 10 program pokok PKK yang didukung Dinas/OPD terkait serta  mitra-mitra lainnya.

 

Pada kesempatan tersebut Bupati Nias Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara mengucapkan selamat datang kepada Tim Supervisi TP PKK dan Dinas terkait  dari Provinsi Sumatera Utara beserta seluruh rombongan yang telah berkenan hadir di Kabupaten Nias Utara, serta berterima kasih dan mengapresiasi TP PKK Kabupaten Nias Utara yang telah memfasilitasi kegiatan supervisi ini. Terlaksananya acara ini merupakan hasil kerjasama dan koordinasi serta komunikasi yang baik dari seluruh unsur TP PKK Kabupaten Nias Utara. Untuk itu diharapkan agar terus menjalin hal-hal baik yang telah berjalan sehingga dapat terus berkiprah dan memberikan yang terbaik di Kabupaten Nias Utara. Selain itu, melalui pelaksanaan supervisi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, motivasi dan peran kader dan TP PKK dalam pemberdayaan dan pembinaan masyarakat ke depan serta dapat dijadikan wadah untuk berdiskusi sebagai upaya meningkatkan kemampuan yang ada pada setiap peserta. Diharapkan juga kepada Tim Supervisi TP PKK dan Dinas terkait  Provinsi Sumatera Utara dapat memberikan kritikan dan saran yang bersifat membangun kepada peserta supervisi ini sehingga ke depannya TP PKK Kabupaten Nias Utara mendapatkan hasil yang memuaskan pada saat Tim monitoring/penilai melaksanakan penilaian terhadap Desa Binaan TP PKK Kabupaten Nias Utara.

Pada Tahun 2019 ini Kabupaten Nias Utara telah melaksanakan penilaian terhadap desa-desa yang berpartisipasi untuk dijadikan sebagai desa binaan TP PKK Kabupaten Nias Utara, yakni:

  1. Desa Mazingo Kecamatan Alasa Talu Muzoi sebagai Desa binaan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR);
  2. Desa Sifahando Kecamatan Sawo sebagai Desa binaan HATINYA PKK;
  3. Desa Ombolata Kecamatan Lahewa sebagai Desa binaan (POSYANDU).

Diakhir Arahan Bupati Nias Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara mengharapkan kepada seluruh peserta agar mengikuti acara ini dengan baik dan dapat membawa perubahan yang berarti bagi masyarakat, baik tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Keluruhan serta juga kepada OPD agar dapat memberikan kontribusi yang positif serta dukungan tenaga dan waktu untuk mendukung program/kegiatan pada Desa Binaan TP PKK Kabupaten Nias Utara.

Pada pelaksanaan kegiatan ini turut hadir Kepala OPD, Camat, ASN Lingkup Kabupaten Nias Utara, Kepala Desa, TP PKK tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa.