Sosialisasi Dan Advokasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Tingkat OPD/Kecamatan Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun 2019

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas P2AP2KB Kabupaten Nias Utara melaksanakan sosialisasi dan advokasi pengarusutamaan gender (PUG) tingkat OPD/Kecamatan lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun 2019. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Nias Utara (Haogosochi Hulu, SE.,MM) yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Bappeda Kabupaten Nias Utara (18 s/d 19 September 2019).

Marieli Harefa, SKM (Kepala Dinas P2AP2KB)

Kepala Dinas P2AP2KB Kabupaten Nias Utara (Marieli Harefa, SKM) melaporkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki kedalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan.

Haogosochi Hulu, SE.,MM (Wakil Bupati Nias Utara)

Pada arahan Wakil Bupati Nias Utara (Haogosochi Hulu, SE.,MM) menyampaikan bahwa sosialisasi dan advokasi pengarusutamaan gender (PUG) salah satu upaya untuk melakukan pengintegrasian isu gender kedalam rangka analisis gender dengan mengidentifikasi secara sistematis permasalahan serta kebutuhan laki-laki dan perempuan yang berbeda kedalam mekanisme perencanaan pelaksanaan penganggaran pembangunan melalui kebijakan, program, dan kegiatan diseluruh sisi kehidupan dan sektor pembangunan yang ada sehigga kesetaraan dan keadilan gender terwujud serta memiliki kesempatan dan peluang yang sama dalam menikmati hasil pembangunan. Mengakhiri arahannya, Wakil Bupati Nias Utara (Haogosochi Hulu, SE.,MM) menghimbau kepada seluruh peserta agar dapat berperan aktif sehingga dapat meningkatkan pemahaman dalam pelaksanaan strategis PUG di Kabupaten Nias Utara.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten, Kepala OPD dan Narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Utara (Emmy Suryana, SH.,M.AP dan Dahlia, SKM.,M.Si).