SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN NIAS UTARA MEMBUKA SECARA RESMI KEGIATAN BULAN BAKTI MANUNGGAL TNI BANGGA KENCANA KESEHATAN DAN KEGIATAN HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) KE-29 TAHUN 2022

Lotu 16 Juni 2022

Dalam rangka menekan angka kelahiran di Indonesia dan khususnya di Wilayah Kabupaten Nias Utara, Dinas P2AP2KB Kabupaten Nias Utara melaksanakan kegiatan Bakti Manunggal bersama dengan TNI Bangga Kencana dan Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara dengan Program Pelayanan Medis Operasi Wanita (MOW), Pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), IUD, dan Suntik yang bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-29 Tahun 2022.
Kegiatan ini, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara Bapak Bazatulo Zebua, SE., M. Ec.Dev dan dilaksanakan di RS. Pratama Kabupaten Nias Utara.

Kepala Dinas P2AP2KB Bapak Marieli Harefa, SKM menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pelayanan KB di setiap puskesmas di Kabupaten Nias Utara dilaksanakan sampai bulan Desember 2022. Selanjutnya disampaikan bahwa pada tahun 2022 ini kuota yang mengikuti Program KB sangat tinggi hingga 100 kuota, dengan ini Dinas P2AP2KB mengupayakan di tahun 2023 akan meminta kuota kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk memberikan kuota 150 orang Khususnya di Kabupaten Nias Utara.

Dandim 0213 Nias yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf. Charles Telaumbanua menyampaikan melalui Pembukaan kegiatan Bakti Manunggal TNI, Bangga Kencana Kesehatan dan Kegiatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-29 Tahun 2022, TNI siap mendukung segala Program Kegiatan yang akan dilaksanakan.
“Kami selaku TNI siap mendukung semua kegiatan ini sampai akhir dan Siap menggelorakan Program Bangga Kencana, tentunya Kami berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara atas terselenggaranya program kegiatan ini dengan melibatkan pihak TNI dengan sumbangan kekuatan dan tuntutan Kami sebagai Abdi Negara”.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara Bapak Bazatulo Zebua, SE., M. Ec. DEV menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat strategis sehingga dapat menjangkau sasaran sampai ke daerah-daerah terpencil dan tertinggal dengan cara mendekatkan pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan pelayanan KB dan penyuluhan kesehatan. Sekda Kabupaten Nias Utara juga berterimakasih kepada masyarakat yang sudah ikut Program Keluarga Berencana (KB) yang diselenggarakan hari ini dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera.
“Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan program Nasional dengan bekerjasama dengan TNI Bangga Kencana Kesehatan dan ini merupakan sebuah momentum yang rutin dilaksanakan setiap tahun dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera dengan mengikuti Program Keluarga Berencana (KB) khususnya diwilayah Kabupaten Nias Utara”.

Mengakhiri arahannya berharap adanya kerjasama dan kolaborasi yang saling mendukung antara TNI, Dinas Kesehatan, dan Dinas P2AP2KB sebagai tonggak utama dalam menyukseskan pelayan Program KB dan Kesehatan di Kabupaten Nias Utara sehingga dapat berjalan dengan Baik.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Sekda Kabupaten Nias Utara, Direktur RS. Pratama Kabupaten Nias Utara, Bhabinsan TNI, Anggota TP. PKK Kabupaten Nias Utara, Kepala Dinas Kesehatan Kepala Puskesmas Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara, Dokter dan Tenaga Medis dan seluruh masyarakat yang mengikuti Program KB dan undangan lainnya.