RAPAT TIM KOORDINASI PENATAAN RUANG DAERAH (TKPRD) KABUPATEN NIAS UTARA

Bertempat di aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nias Utara dilaksanakan rapat Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Kabupaten Nias Utara. (Kamis, 16 Mei 2019).

Rapat yang dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Kabupaten Nias Utara (Drs. Folo’o Harefa, MM) dan dipimpin oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara (Bernard Nazara, ST, ME) yang juga menjabat sebagai Sekretaris TKPRD Kabupaten Nias Utara, menyampaikan bahwa rapat TKPRD yang dilaksanakan di aula Dinas PUPR tersebut membicarakan beberapa hal terkait dengan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA), lokasi pembangunan 3 (tiga) unit gedung kantor pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun 2019 dan peninjauan kembali Perda Nomor 1 Tahun 2015 tentang RTRW Kabupaten Nias Utara.

Dalam rapat TKPRD tersebut terkait TORA, diusulkan agar lokasi permukiman, fasilitas umum, fasilitas sosial dan lahan persawahan yang berada dalam kawasan hutan untuk diajukan sebagai penyediaan sumber TORA dengan kriteria yang diajukan antara lain :

  1. Lahan hutan (hutan lindung, hutan produksi terbatas, hutan produksi tetap) yang sudah ada jalan dan terdapat permukiman, diusulkan pembebasannya sepanjang 150m ke kanan dan 150 m ke kiri dar as jalan.
  2. Lahan Hutan (hutan lindung, hutan produksi terbatas, hutan produksi tetap) yang sudah ada jalan namun belum ada permukiman, disusulakan pembebasannya sepanjang 100 m ke kanan dan 100 m ke kiri dan as jalan.
  3. Semua lahan pertanian basah yang berada pada kawasan hutan.

Terkait rencana lokasi pembangunan gedung kantor, dalam Rapat TKPRD tersebut direkomendasikan 2 (dua) lokasi tempat pembangunan gedung kantor yang telah dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara yaitu  tanah yang terletak di Desa Lawira Satua belakang gedung kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara dan yang terletak di Desa Fadoro Fulolo dekat gedung kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Nias Utara dan Inspektorat Kabupaten Nias Utara.

Sehubungan dengan rencana peninjauan kembali Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2015 tentang RTRW Kabupaten Nias Utara tim akan segera menyiapkan draft Keputusan Bupati Nias Utara tentang peninjauan kembali Perda dimaksud.

Selain staf ahli, turut hadir dalam rapat tersebut beberapa Kepala OPD, Camat, pejabat dari Kantor Pertanahan Kabupaten Nias dan pejabat di dinas PUPR Kabupaten Nias Utara.