Peringatan Hari Jadi Nias Utara yang ke – X

Peringatan Hari jadi Kabupaten Nias Utara yang ke – X tahun 2018 menggelar berbagai kegiatan, yang pada puncak acaranya yaitu pemotongan kue ulang tahun hari jadi Kabupaten Nias Utara yang ke – X. Peringatan Hari jadi ini pun dihadiri oleh pejabat se – kepulauan Nias yang diantaranya adalah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nias Utara, Bupati Nias Barat (selaku ketua FORKOPIMDA se – Kepulauan Nias), Wakil Walikota Gunungsitoli, Ketua DPRD Kab. Nias Utara, Kapolres Nias, Dandim 0213 Nias, para Camat, Kepala – kepala OPD dan pejabat lainnya di Kepuauan Nias. Acara peringatan HUT tersebut dilaksanakan di Alun alun Tribun Nias Utara.

Pada Acara tersebut adapun serangkaian acara/kegiatan yang diantaranya, pemberian pupuk pertanian kepada kelompok-kelompok tani oleh Dinas Pertanian, Pengetesan Alat tani yang disaksikan oleh tamu undangan dan para pejabat lainnya serta di coba langsung oleh wakil bupati nias utara. Pada kesempatan itu juga assisten III Filifo Harefa selaku ketua Panitia pelaksana HUT Kab. Nias Utara menyampaikan dalam sambutannya bahwa, ” Dengan perayaan HUT ini, kiranya dapat mempersatukan pendapat,memperkokoh tali persatuan antar masyarakat, dan menjadikan nias utara menjadi kabupaten yang dapat bersaing dengan kabupaten lainnya serta mampu memjadi panutan oleh kabupaten lainnya”.

Sementara Bupti Nias Utara M.Ingati Nazara dalam sambutannya mengatakan “10 tahun yang lalu adalah awal dan sejarah berdirinya kab.Nias Utara menjadi Kab. di Provinsi Sumatera Utara. Peristiwa penting ini merupakan momentun bagi kita untuk senantiasa menggelorakan semangat kebersamaan,berjuang untuk meraih cita-cita dalam mewujudkan Kab. Nias Utara yang maju,berdaya saing,religius dan bersatu dalam kebinekaan”. Menurutnya, mewujudkan harapan dan cita-cita tersebut, tentu tidak semudah yang dibayangkan. Karenanya, disamping membutuhkan waktu, biaya, kerja keras, tekad, dan semangat yang tidak boleh mengenal lelah dan putus asa. Ditambahkan pula, bahwa saat ini sedang berlangsung pembangunan jalan lintas (ring road) yang menghubungkan Nias Utara dengan Nias Barat yang dimana pembangunan jalan ini dilaksanakan oleh Dinas PU Provsu.