Peresmian Jembatan Tugala Oyo Dan Sawo

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan peresmian jembatan Tugala Oyo dan Sawo yang dipusatkan di Kec. Tugala Oyo Kabupaten Nias Utara (Rabu, 10 April 2019). Peresmian ke dua jembatan tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Nias Utara (M.Ingati Nazara) yang difasilitasi oleh Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara.

Dalam laporan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara (Bernard Nazara, S.T.,M.E) pelaksanaan pembangunan jembatan Tugala Oyo dan Sawo dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Pembangunan jembatan Tugala Oyo yang terletak di Kec. Tugala Oyo dengan pagu anggaran sebesar Rp. 23.200.000.000,- direncanakan oleh konsultan CV. TATHA GRAHA HAZ Tahun 2012. Pembangunan jembatan ini dilaksanakan 3(tiga) tahap. Tahap I dimulai Tahun 2015  yaitu pengerjaan bor pile, 1 bh abutment dan oprit jembatan. Berikutnya pelaksanaan Tahap II Tahun 2017 yaitu pengerjaan abutment, pier jembatan, opit jembatan dan pekerjaan lantai beton. Tahun 2018 yang merupakan Tahap III pelaksanaan pekerjaan jembatan Tugala Oyo ini adalah pengerjaan rangka baja, cor lantai, pengecatan dan timbunan.  Total panjang jembatan Tugala Oyo adalah 110 m dengan lebar 8 meter dan ketinggian 18 meter dari permukaan air. Jembatan ini merupakan jembatan yang terpanjang di Kabupaten Nias Utara.

Sementara itu  pembangunan jembatan Sawo di Kec. Sawo dengan pagu anggaran sebesar Rp.12.500.000.000,- direncanakan oleh konsultan PT. BUMI TORAN KENCANA pada Tahun 2013. Pelaksanaan pekerjaan jembatan ini juga dilaksanakan 3 (tiga) tahap. Pembangunan Tahap I  dimulai Tahun 2014 dengan pengerjaan bor pile kedalaman 9 meter sebanyak 20 batang. Lalu pada Tahun 2015 Tahap II pembangunan jembatan Sawo ini dilanjutkan  dengan  pengerjaan abutment 2 buah, pekerjaan pier 2 buah, oprit jembatan serta drainase. Terakhir pada Tahun 2018 yaitu pekerjaan rangka baja, lantai beton dan oprit jembatan. Jembatan Sawo yang dibangun bertahap selama 4 (empat) tahun ini memiliki panjang 60 meter yang terbagi dalam 3 segmen dengan masing-masing segmen 20 meter.

Dalam sambutan penghibah lahan yang diwakili Bapak A.Canda Zalukhu dan tokoh masyarakat yang diwakili oleh Bapak A. Beri Zalukhu sangat  berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara atas pembangunan jembatan Tugala Oyo yang sudah lama dirindukan segenap lapisan masyarakat khususnya di Kec. Tugala Oyo serta mengharapkan agar pembangunan dari segala sektor untuk Kec. Tugala Oyo supaya tetap berkelanjutan.

Pada acara peresmian jembatan Tugala Oyo dan Sawo, wakil ketua DPRD Kabupaten Nias Utara (Fatizaro Hulu, SE, MM) dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara atas pembangunan jembatan Tugala Oyo dan Sawo. Pembangunan jembatan ini  merupakan kerinduan masyarakat yang telah lama ditunggu-tunggu, khususnya masyarakat Kec. Tugala Oyo. Diharapkan bahwa dengan adanya jembatan tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kedepannya. Pihak Legislatif dan Eksekutif mengharapkan kepada masyarakat untuk tetap mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara agar pembangunan di Kec. Tugala Oyo dan Sawo semakin meningkat di tahun-tahun yang akan datang.

Melalui arahannya Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) menyampaikan bahwa pembangunan jembatan Tugala Oyo dan Sawo telah melalui proses yang cukup lama mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan dimana untuk jembatan Tugala Oyo membutuhkan waktu sekitar 5 tahun dan jembatan sawo membutuhkan waktu sekitar 4 tahun. Hal ini disebabkan keterbatasan anggaran yang tersedia. Namun sesuai visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara untuk membangun infrastruktur, penataan wilayah serta pemanfaatan ruang yang berkualitas dan berwawasan lingkungan maka keterbatasan tersebut dapat terselesaikan sehingga jembatan Tugala Oyo dan Sawo dapat diresmikan dan berfungsi serta bermanfaat bagi masyarakat banyak. Keberadaan infrastruktur seperti jembatan dapat memicu pembangunan infrastruktur lain di Kec. Tugala Oyo dan Kecamatan Sawo. Hal ini akan berpengaruh pada peningkatan perputaran perekonomian yang ada dan juga dapat membuka akses, khususnya untuk 8 desa yang ada di wilayah Kecamatan Tugala Oyo, serta menjadi penghubung antar Kecamatan sehingga Kec. Sawo dan khususnya Kec. Tugala Oyo tidak terisolir melainkan sejajar dengan seluruh Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Nias Utara.

Selain itu Bupati Nias Utara juga menyampaikan bahwa pada Tahun 2019 anggaran untuk Kec. Tugala Oyo telah dialokasikan sebesar Rp. 2,4 Milyar untuk pembangunan beberapa ruas jalan. Pada RKPD Nias Utara Tahun 2020 juga telah dialokasikan anggaran untuk pekerjaan hotmix pada jalan dari batas wilayah Kabupaten Nias Utara sampai dengan jembatan Tugala Oyo sebesar Rp. 4 Milyar serta pembangunan jembatan Na’ai yang akan dimulai dengan pekerjaan abutment terlebih dahulu. Sementara itu di Tahun 2019 ini juga telah dialokasikan anggaran sebesar 5 Milyar untuk pekerjaan hotmix yang menghubungkan Kec. Sawo dengan Sitolu Ori dan Lotu yang pekerjaannya dimulai dari Lombuzau’a menuju Kec. Sawo. Pekerjaan hotmix jalan ini akan terus dilanjutkan pada Tahun 2020. Dalam  RKPD Nias Utara Tahun 2020 telah dialokasikan anggaran untuk melanjutkan pekerjaan hotmix pada ruas yang sama yang menghubungkan Kec. Sawo dengan Sitolu Ori dan Lotu yang pekerjaannya dimulai dari pekan sawo menuju Kec. Sitolu Ori dan Lotu sebesar Rp. 6 Milyar.

Pada kesempatan tersebut juga Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak, terlebih kepada masyarakat yang telah menghibahkan lahan dengan suka rela, yang berperan dalam mensukseskan pembangunan jembatan Tugala Oyo dan Sawo sampai selesai. Bupati Nias Utara juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD yang terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan Tugala Oyo dan Sawo ini serta mengharapkan terobosan lainnya pada masa yang akan datang sehingga ketimpangan pembangunan pada seluruh aspek khususnya di Kec. Tugala Oyo dan Sawo serta secara umum di Kabupaten Nias Utara dapat tertangani sehingga dapat keluar dari degradasi dan keterisoliran wilayah. Secara khusus kepada Camat Tugala Oyo, Bupati Nias Utara berpesan agar  senantiasa dapat memperhatikan, melihat, mendengar dan mengetahui kebutuhan dasar masyarakat sehingga Kec. Tugala Oyo bukan lagi Kecamatan yang tertinggal tetapi akan menjadi yang terdepan. Selain itu,  Kepada Camat Tugala Oyo dan Camat Sawo serta seluruh masyarakat, Bupati Nias Utara berpesan agar kiranya dapat menjaga bersama keutuhan jembatan dengan tidak melakukan pengambilan material atau penambangan pasir disekitar jembatan karena sangat mempengaruhi daya tahan jembatan tersebut. Bupati Nias Utara Bapak M. Ingati Nazara mengakhiri arahannya dengan meresmikan jembatan Tugala Oyo dan Sawo dengan menyatakan terbuka untuk umum.

Pada peresmian kedua jembatan tersebut turut hadir Wakil Bupati Nias Utara, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, Ketua TP PKK Kabupaten Nias Utara serta anggota, Pimpinan Bank Sumut Capem Lotu, Tokoh dan Masyarakat Kec. Tugala Oyo dan Sawo.