Penyemprotan Cairan Desinfektan Di Rumah-Rumah Penduduk Segera Dilaksanakan, Bupati Nias Utara Perintahkan Kepala BPBD Percepat Penyelesaian Desinfeksi Di Rumah-Rumah Ibadah Dan Fasilitas Umum

Pemerintah Kabupaten Nias Utara terus bergerak cepat melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Nias Utara. Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) kembali menggelar rapat bahas langkah-langkah percepatan pencegahan penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Nias Utara (Jumat, 27 Maret 2020)

Rapat yang dilaksanakan di aula Kantor Bupati Nias Utara tersebut, membahas beberapa hal yang harus segera dikerjakan. Beberapa diantaranya adalah penyemprotan cairan desinfektan yang akan dilaksanakan di rumah-rumah penduduk di 11 Kecamatan se-Kabupaten Nias Utara dan penyediaan sarana cuci tangan di tempat-tempat strategis dan fasilitas umum. Bupati menegaskan bahwa kedua pekerjaan ini harus segera diselesaikan dalam waktu cepat karena merupakan bagian dari upaya Pemerintah Daerah mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Nias Utara.

Khusus rencana pelaksanaan desinfeksi di rumah-rumah penduduk, Bupati Nias Utara memerintahkan Kepala BPBD Kab. Nias Utara (Herman Zebua, S.Pd) untuk bergerak lebih cepat menyelesaikan desinfeksi di kantor-kantor Pemerintah, rumah ibadah serta fasilitas umum agar rumah-rumah penduduk dapat segera didesinfeksi. “Lakukan koordinasi dan kerjasama dengan Kecamatan, Koramil atau Polsek agar pelaksanaan desinfeksi dapat diselesaikan dengan cepat dan segera lanjutkan di rumah-rumah penduduk”, ucap Bupati.

Rapat tersebut juga membahas tentang upaya pencegahan warga asing memasuki wilayah Kabupaten Nias Utara melalui pelabuhan Lahewa dan objek wisata di Kecamatan Afulu. Terkait hal itu, Bupati Nias Utara memerintahkan untuk segera melakukan pelarangan bagi warga asing turun dari kapal dan memasuki wilayah Kabupaten Nias Utara. “Segera surati Syahbandar melakukan pelarangan. Hal ini perlu kita lakukan mengantisipasi kemungkinan warga asing tersebut telah terpapar covid-19 dan menularkannya ke warga setempat. Demikian juga dengan kapal asing yang berlabuh di objek wisata sekitar Kecamatan Afulu. Mereka jangan diperbolehkan turun dari Kapal, memasuki wilayah Kecamatan dan berbaur dengan masyarakat setempat”, tegas Bupati.

Terkait pelarangan turun dari kapal bagi warga asing yang berlabuh di Pelabuhan Lahewa, Bupati Nias Utara memerintahkan Sekretaris Daerah segera menyurati Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Lahewa untuk segera melakukan pelarangan. Demikian juga bagi warga asing yang berlabuh di sekitar Objek Wisata Kecamatan Afulu, Bupati memerintahkan Kepala Dinas Pariwisata Kab. Nias Utara segera melakukan koordinasi dengan Camat Afulu memantau dan mengawasi warga asing yang melabuhkan kapalnya untuk tidak turun dari kapal, memasuki wilayah Kecamatan dan berbaur dengan masyarakat setempat.

Rapat tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Utara, Staf Ahli, Asisten, para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan para Kepala Bagian Setda Kabupaten Nias Utara.