Pencanangan Pelayanan KB Terpadu PKK-KB-Kesehatan Kabupaten Nias Utara Tahun 2019

Dalam rangka mengendalikan pertumbuhan penduduk dan peningkatan peserta keluarga berencana, Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas P2AP2KB Kabupaten Nias Utara melaksanakan pencanangan pelayanan KB terpadu PKK-KB-Kesehatan Kabupaten Nias Utara Tahun 2019. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara (Yafeti Nazara, S.Kep, M.Kep, NSpM) yang ditandai dengan pemukulan gong yang dilaksanakan di halaman Rumah Sakit Pratama Kabupaten Nias Utara (Jum’at, 18 Oktober 2019). 

Ny. Dermawani M. Ingati Nazara

Ketua panitia (Ny. Dermawani M. Ingati Nazara) dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan meningkatkan cakupan pelayanan yang merata, upaya kesehatan lingkungan di rumah dan pemukiman yang bersih, sehat dan berkualitas dalam program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK), Kependudukan, Keluarga berencana, pembangunan keluarga dan kesehatan sebagaimana tertuang dalam upaya pencapaian RPJM-RPJP. Sasaran pelaksanaan kegiatan ini yakni TP. PKK, Keluarga, PUS, Pengelola KB, Petugas Kesehatan, dan Kader. Target/Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM) yakni IUD sebanyak 62 Akseptor baru, IMPLAN sebanyak 80 Akseptor baru, MOW sebanyak 23 Akseptor baru, Suntik sebanyak 426 Akseptor baru, PIL sebanyak 331 Akseptor baru dan KONDOM sebanyak 181 Akseptor baru dengan jumlah keseluruhan 1.103 Akseptor baru. Tema kegiatan ini yakni “Kita Gerakkan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Indonesia Sejahtera”.

Yafeti Nazara, S.Kep, M.Kep, NSpM (Sekda Nias Utara)

Dalam arahan Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara (Yafeti Nazara, S.Kep, M.Kep, NSpM) mengawali dengan menyampaikan ucapan syukur atas terlaksananya kegiatan pencanangan pelayanan KB terpadu PKK-KB-Kesehatan Kabupaten Nias Utara Tahun 2019. Target yang harus dilayani menunjukkan bukti dan upaya dari PKK, KB dan Kesehatan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk dan peningkatan peserta keluarga berencana. PKK dari sisi teknis bersifat memotivasi dan menggerakkan masyarakat sehingga mempunyai keinginan untuk ikut KB. Melalui kegiatan pencanangan ini, diharapkan seluruh pihak dapat berkontribusi nyata dengan melibatkan kelompok masyarakat untuk dapat meningkatkan taraf kesehatan, pemberdayaan keluarga di bidang ekonomi serta menjadi peserta KB. Mengakhiri arahannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara (Yafeti Nazara, S.Kep, M.Kep, NSpM) mengajak seluruh hadirin untuk mengucapkan “Dua Anak Cukup, Keluarga Bahagia Sejahtera).

Kegiatan ini dihadiri oleh Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, Mewakili BKKBN Provinsi Sumut, Ketua TP. PKK dan DWP, Mewakili Direktur Rumah Sakit Pratama dan Kepala Desa se-Kecamatan Lotu.