PEMETAAN JARINGAN TELEPON DAN INTERNET DI WILAYAH KABUPATEN NIAS UTARA

Dalam rangka peningkatan kwalitas jaringan telepon selular dan jaringan internet di wilayah Kabupaten Nias Utara, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Utara melakukan pemetaan jaringan telepon dan internet di seluruh wilayah Kabupaten Nias Utara dengan mengambil data desa yang sudah terjangkau dan yang belum terjangkau jaringan telepon/Internet  dan survey ke menara telekomunikasi.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Aferianus Telaumbanua, S.S, MM) kegiatan ini merupakan Tupoksi dinas komunikasi untuk mengendalikan jaringan telekomunikasi  di wilayah kabupaten Nias Utara dan merupakan kewajiban Pemerintah Daerah atas konsekuensi dari Penagihan Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi di wilayah Kabupaten Nias Utara sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Nias Utara Nomor  35 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi.

Pemerintah Kabupaten Nias Utara Pada Tahun 2018 memperoleh Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi sebesar Rp. 116.709.120 dari Pemilik Menara Telekomunikasi yakni PT Telkomsel, PT. Dayamitra Telekomunikasi dan PT TBG/ Solusindo Kreasi Pratama yang langsung disetor ke Kas Daerah Kabupaten Nias Utara.