PEMBUKAAN PEMBINAAN KEMITRAAN PELAKU/STAKEHOLDER PARIWISATA KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN 2020

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan Pembinaan Kemitraan Pelaku/Stakeholder Pariwsata Kabupaten Nias Utara Tahun 2020 yang dilaksanakan di TC Osse’da Nias Utara Jl. Gowe Zalawa Desa Fadoro Fulolo Kecamatan Lotu (Kamis, 22 Oktober 2020).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara (Bezisokhi Hulu, S.IP.,MM) dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan pembinaan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pemangku kepentingan/stakeholder dibidang kepariwisataan serta meningkatkan kualitas SDM pariwisata termasuk pelaku usaha dan pengurus POKDARWIS serta Stakeholder pariwisata lainnya melalui pelatihan Tour Guide yang professional.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias Utara juga menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan pembinaan tersebut berjumlah 45 orang yang terdiri dari Pelaku Pariwisata dibeberapa objek wisata Nias Utara, Perwakilan SKPD terkait, dan masyarakat sekitar objek wisata diwilayah Kabupaten Nias Utara. Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini berjumlah 3 orang yaitu Yafaowolo’o Gea, SS.,M.Sc.,MA (Founder Go Nias Tour), Reni Cahya Mutiasari, S.SN (Motivator-Pegiat Literasi-Tourism Adventurer), dan Bezisokhi Hulu, S.IP.,MM (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara).

Haogosochi Hulu, SE.,MM (Plt. Bupati Nias Utara)

Plt. Bupati Nias Utara (Haogosochi Hulu, SE.,MM) dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan kemitraan pariwisata tersebut ditujukan kepada para pelaku pariwisata, kelompok sadar wisata, ahli bahasa/ linguistik, masyarakat umum didestinasi wisata, pemangku kepentingan/ Stakeholders pariwisata (OPD teknis yang berkaitan dengan sektor kepariwisataan daerah) serta generasi muda yang berminat dan berbakat dalam kegiatan pemanduan wisata di Kabupaten Nias Utara. Para peserta pembinaan ini nantinya diharapkan mampu untuk mengimplementasikan kompetensinya dengan dasar sikap dan etika yang baik untuk meningkatkan serta mengembangkan destinasi wisata di wilayah Kabupaten Nias Utara kedepan.

Plt. Bupati Nias Utara juga mengharapkan bahwa melalui kegiatan pembinaan tersebut, peserta yang berjumlah 45 orang yang berasal dari berbagai kalangan dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh, sehinga kinerja sumber daya manusia pariwisata semakin baik dalam memberikan pelayanan dan mewujudkan citra pariwisata Nias Utara pada masa yang akan datang.

Kegiatan pembinaan kemitran tersebut dihadiri oleh Asisten Perekonomian Setda Kabupaten Nias Utara, Sekretaris, Kepala Bidang dan Pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara, Narasumber dan seluruh peserta Kegiatan Pembinaan Kemitraan Pelaku/Stakeholder Pariwisata Kabupaten Nias Utara Tahun 2020.