Pelatihan Keterampilan Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kabupaten Nias Utara

Dinas PMD Kabupaten Nias Utara melaksanakan pelatihan keterampilan Manajemen Badan Usaha Milik Desa yang dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara). Pelatihan ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Nias Utara yang dilaksanakan mulai tanggal 27 sampai 28 Agustus 2019.

Raradodo Waruwu, SH (Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Utara)

Pada laporan Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Utara (Raradodo Waruwu, SH) menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan dan Pembubaran Bumdes, DPA Dinas PMD Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2019 dan Keputusan Bupati Nias Utara Nomor 441/112/K/Tahun 2019 Tanggal 07 Mei 2019 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Pelatihan Keterampilan Manajemen Badan Usaha Milik Desa di Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2019. Peserta pelatihan keterampilan manajemen Badan Usaha Milik Desa berasal dari 112 (seratus dua belas) se-Kabupaten Nias Utara masing-masing sebanyak 2 (dua) orang yakni Ketua dan Bendahara Badan Usaha Milik Desa bagi desa yang sudah mendirikan. Badan Usaha Milik Desa yang sudah terbentuk di Kabupaten Nias Utara sebanyak 76 (tujuh puluh enam).

M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)

Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) pada arahannya menyampaikan bahwa Badan usaha milik desa merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. Pelatihan keterampilan badan usaha milik desa salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan, membekali pengurus bumdes agar lebih mampu memahami peraturan perundang-undangan mengenai pendirian bumdes, mengelola unit-unit usaha bumdes secara inovatif dan hal teknis lainya agar bisa menghasilkan profit baik finansial maupun sosial kepada masyarakat desa. Pendirian bumdes diarahkan untuk mengelola aset atau potensi desa utamanya sumber daya alam. Pengurus bumdes perlu berinovasi dan proaktif menelusuri hal baru untuk dikembangkan sebagai unit usaha produktif dengan tidak terbatas pada bidang usaha tertentu saja sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih optimal. Mengakhiri arahannya, Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) menghimbau kepada para narasumber kiranya dapat menyampaikan materi dengan penuh kesabaran dan mengerahkan segenap ilmu dan pengetahuan terbaik yang dimiliki untuk ditransfer kepada peserta pelatihan, agar peserta makin siap dan meningkat kemampuannya untuk mengelola bumdes di desa masing-masing.

Pelatihan ini dihadiri oleh Camat se-Kabupaten Nias Utara, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Nias Utara, Pengurus BUMDES masing-masing Desa dan Pegawai Dinas PMD Kabupaten Nias Utara.