PELAKSANAAN RAPAT KOORDINASI PENGARUSUTAMAAN GENDER DI KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN 2019


BAPPEDA Kab. Nias Utara melaksanakan rapat koordinasi pengurusutamaan gender tahun 2019 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Nias Utara (Haogosochi Hulu, SE., MM) Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula BAPPEDA Kab. Nias Utara (Jumat, 20 September 2019).

 

Kepala BAPPEDA Kab. Nias Utara yang diwakili oleh Sekretaris BAPPEDA Kab. Nias Utara (Faigizaro Baeha, SE) dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional., Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 tahun 2008 tentang pedoman umum pelaksanaan pengarusutamaan gender di daerah sebagaimana telah diubah dengan peraturan Menteri Dalam Negeri No. 67 tahun 2011 tentang pedoman umum pelaksanaan pengarusutamaan gender di daerah., APBD Kab. Nias Utara., Peraturan Bupati Nias Utara nomor 30 tahun 2018 tentang pedoman umum pelaksanaan pengarusutamaan gender di Kab. Nias Utara., Surat Bupati Nias Utara nomor 050/1190-03/BAPPEDA/2019 tanggal 16 September 2019 perihal undangan rapat koordinasi pengarusutamaan gender di Kab. Nias Utara tahun 2019.

 

Pada arahan Bupati Nias Utara yang diwakili Wakil Bupati Nias Utara (Haogosochi Hulu, SE., MM) menyampaikan bahwa pelaksanaan rapat koordinasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan dan mengefektifkan serta mengintegrasikan perwujudan pengarusutamaan gender yang berkeadilan di Kab. Nias Utara secara terpadu dan terkoordinasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta pelayanan kemasyarakatan di Kab. Nias Utara.

 

Haogosochi Hulu, SE., MM pun menambahkan rapat koordinasi pengarusutamaan gender di Kab. Nias Utara turut mengundang para narasumber dari Bappeda Provinsi Sumatera Utara dan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Utara untuk memberikan  penguatan terhadap implementasi pengarusutamaan gender di Kab. Nias Utara dan sekaligus membekali serta mempersiapkan pemerintah daerah dalam menyusun strategi pengintegrasian gender yang dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, penganggaran, pemantauan, dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan pembangunan di daerah Kab. Nias Utara yang responsive gender berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku utamanya di dalam menyongsong program dan kegiatan pemerintah daerah tahun 2020.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten, OPD, Camat, Kades, ASN di lingkup Pemerintah Kab. Nias Utara.