MUSDA DEKRANASDA MASA BAKTI 2021-2024 KABUPATEN NIAS UTARA BERSAMA KETUA DEKRANASDA PROVINSI SUMATERA UTARA

Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd menghadiri pelaksanaan rapat Musyawarah Daerah (MUSDA) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Nias Utara bersama Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara secara virtual melalui media zoom. Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di Aula Pendopo Bupati Nias Utara (Kamis, 13 Januari 2022).

Ny. Arismanwati Amizaro Waruwu

Laporan Ketua Dekranasda Kabupaten Nias Utara Ny. Arismanwati Amizaro Waruwu menyampaikan peserta rapat Musyawarah Daerah Dekranasda ini terdiri dari berbagai pihak yakni seluruh pengurus dan anggota Dekranasda Kabupaten Nias Utara periode 2021-2024 serta para Kepala OPD dan Camat yang berkaitan langsung dengan kegiatan-kegiatan Dekranasda. Kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan selama masa periode 2021-2024 serta mengantisipasi berbagai bentuk tantangan yang dihadapi kedepan. Dalam Perumusan Kegiatan Dekranasda Kabupaten Nias Utara akan memprioritaskan kerajinan membatik dan beberapa kegiatan lainnya yang akan ditentukan melalui kegiatan musyawarah daerah ini.

Agusman Zebua, S.Pd. MM

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Nias Utara Agusman Zebua, S.Pd. MM menyampaikan akan merencanakan rehab gedung promosi sebagai wadah dalam melaksanakan kegiatan membatik dan mempromosikan seluruh hasil kerajinan tangan, kuliner masyarakat. Melalui gedung promosi ini akan menjadi ikon di Kabupaten Nias Utara, sehingga meningkatkan minat dari masyarakat luar untuk membeli kerajinan tangan dan kuliner masyarakat Nias Utara. Oleh karena itu kami mengharapkan kerjasama para Camat untuk mengarahkan masyarakat apabila ada kerajinan tangan dan kuliner masyarakat di kecamatan masing-masing agar membawanya ke gedung promosi selanjutnya dipromosikan kepada masyarakat yang singgah.

Sambutan Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara Ny. Hj. Nawal Lubis Edy Rahmayadi yang dibacakan secara virtual melalui zoom, Penyelengaraan Musyawarah Daerah Dekranasda Kabupaten Nias Utara tahun ini merupakan awal dari perencanaan program kepengurusan Ketua Dekranasda Kabupaten Nias Utara masa bakti tahun 2021-2024. Untuk menentukan visi misi arah kebijakan secara strategis dan program kerja yang akan dilaksanakan berpedoman pada visi misi Bupati dan  Wakil bupati Nias Utara serta sinkron dengan Dekranasda Provinsi Sumatera Utara. Pembinaan seni kerajinan sebagai warisan budaya bangsa melalui keanekaragaman yang ada di tanah air serta memberikan kesempatan berusaha sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat, pembinaan dan pengembangan dalam usaha, peningkatan kontribusi industri kerajinan dalam pembangunan nasional daerah untuk menghasilkan produk yang berdaya saing dan sebagai sarana untuk menghimpun potensi dari para pemangku kepentingan. Selamat melaksanakan Musyawarah Daerah semoga dapat memberikan hasil yang bermanfaat bagi pengembangan kerajinan khususnya Kabupaten Nias Utara dan Sumatera Utara pada umumnya serta meningkatkan kesejahteraan para pengrajin.

Amizaro Waruwu, S.Pd (Bupati Nias Utara)

Arahan dan Bimbingan Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd menyampaikan Pada tahun 2022 merupakan langkah awal untuk bersama-sama meningkatkan motivasi dan mulai menggali potensi-potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Nias Utara. Bukan hanya sekedar teori dan mimpi, tetapi harapan melalui kerja sama Dekranasda dengan Dinas terkait menyusun program yang nyata pada tahun 2022 ini. Kiranya hasil keputusan rapat Musyawarah Daerah ini dapat menghasilkan bukti nyata, mari segera menyesuaikan diri dan mengambil langkah-langkah kerjasama. Pungkasnya

Pada kesempatan tersebut Bupati Nias Utara bersama Ketua, Wakil Dekranasda Kabupaten Nias Utara dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Nias Utara menyerahkan bantuan peralatan kerajinan tangan sebanyak tiga (3) unit mesin jahit kepada tiga (3) Desa penerima manfaat diantaranya UP2K Desa Hiligawoni Kecamatan Alasa, UP2K Faekhuna’a Kecamatan Afulu dan UP2K Desa Lawira Satua Kecamatan Lotu.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Nias Utara, Staf Ahli, Kabag, Kepala OPD, Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara, Ketua dan Wakil beserta seluruh Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Nias Utara masa bakti 2021-2024 dan Undangan lainnya.