KETUA DAN ANGGOTA DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA LAKSANAKAN KUNJUNGAN KERJA DI KABUPATEN NIAS UTARA

Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara laksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Nias Utara. Pertemuan kunjungan kerja  dimaksud dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Nias Utara, Selasa (21 Juli 2020).

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Baskami Ginting  mengucapkan rasa terimakasihnya atas sambutan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara sehubungan dengan kunjungan kerjanya bersama beberapa orang anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara di Kabupten Nias Utara. Baskami Ginting menyampaikan bahwa tujuan kunjungan kerjanya beserta beberapa orang anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara adalah untuk melaksanakan monitoring dan pengawasan atas penyaluran bantuan sembako dari Provinsi Sumatera Utara kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 di Kabupaten Nias Utara beberapa waktu lalu.

“Kita kesini untuk mengetahui apakah penyaluran bantuan sembako dari Provinsi sebanyak 26.092 paket beberapa waktu lalu telah tersalur dengan baik dan lancar dan apakah ada kendalanya.? Selain itu kedatangan kami juga untuk mengetahui apa saja yang menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Nias Utara yang perlu kami perjuangkan pada APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021”, ucap Baskami Ginting.

Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara Sukanto Waruwu, SE yang hadir pada kesempatan tersebut, pada sambutannya menyampaikan terimakasihnya atas kedatangan Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Nias Utara dan berharap DPRD Provinsi Sumatera Utara dapat memberikan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara agar Kepulauan Nias pada umumnya, dan khususnya Kabupaten Nias Utara, tetap berada dalam zona hijau Covid-19. Selain itu, Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara juga meminta dukungan DPRD Provinsi Sumatera Utara untuk membantu mewujudkan penyelesaian pembangunan jalan nasional jalan lingkar yang menghubungkan Kabupaten Nias Utara dengan Kabupaten Nias Barat yang sudah dimulai pembukaan jalannya beberapa tahun yang lalu.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara mengawali sambutannya menyampaikan apresiasinya atas kunjungan kerja Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Nias Utara. Bupati berharap bahwa melalui kunjungan kerja Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Nias Utara dapat meningkatkan kapasitas Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan di Kabupaten Nias Utara.

Selanjutnya terkait penyaluran bantuan sembako dari Provinsi Sumatera Utara kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 di Kabupaten Nias Utara, Bupati Nias Utara menyampaikan bahwa bantuan paket sembako dimaksud telah disalurkan kepada seluruh masyarakat yang tersebar di 11 Kecamatan se-Kabupaten Nias Utara sebagaimana mestinya. “Selain bantuan sembako sebanyak 26.092 paket dari Provinsi, kami juga telah menambah sebanyak 3.012 paket yang isinya sama persis dengan yang diberikan Provinsi untuk dibagikan kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 di Kabupaten Nias Utara. Biayanya diambil dari refocusing anggaran”, jelas Bupati.

Bupati Nias Utara juga menyampaikan jika ada rencana lanjutan pemberian bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada masyarakat Kabupaten Nias Utara terkait dampak Covid-19 diharapkan dapat diberikan dalam bentuk uang tunai saja. “Biaya Pengangkutan dari bulog dan pendistribusian paket ke Kecamatan/desa cukup besar. Jadi, kami berharap jika ada bantuan berikutnya lebih baik dalam bentuk uang tunai saja. Lebih mudah penyalurannya dan tidak membutuhkan biaya untuk pengangkutan”, ucap Bupati.

Selanjutnya, Bupati Nias Utara juga menyampaikan kepada DPRD Provinsi Sumatera Utara Dapil VIII kiranya dapat memperhatikan Kabupaten Nias Utara dalam hal pembangunan jalan serta jembatan Provinsi di wilayah Kabupaten Nias Utara.

Pada kunjungan kerja Ketua beserta Anggota DPRD Dapil VIII yang diisi dengan ruang diskusi tersebut, Pemerintah Kabupaten Nias Utara juga menyampaikan masalah banjir yang sering terjadi di kota Lotu. Disampaikan bahwa untuk penanganan banjir di Kota Lotu tidak dapat dilakukan sepihak hanya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara dengan hanya menormalisasi sungai Lotu dan Ehau yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah, tapi juga harus bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Hal itu disebabkan normalisasi sungai Muzoi yang merupakan muara air dari sungai Lotu dan Ehau sesuai ketentuan merupakan kewenangan Provinsi. Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara berharap sungai Muzoi dapat diprioritaskan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk segera dinormalisasi sehingga banjir di Kota Lotu dapat segera teratasi.

Pertemuan ini dihadiri Wakil Bupati Nias Utara, Sekretaris Daerah, Anggota DPRD Sumatera Utara Dapil VIII, Asisten, Kepala OPD, Kabag dan ASN Lingkup Kabupaten Nias Utara.