Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli Bertindak Sebagai Inspektur Upacara pada Pelaksanaan Upacara Hari Kesadaran Nasional Di Kabupaten Nias Utara

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan upacara “PERINGATAN HARI KESADARAN NASIONAL” bertempat di halaman Kantor Bupati Nias Utara Kamis, 18 April 2019.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli Futin Helena Laoli, S.H, M.H. dalam amanatnya menyampaikan bahwa pelaksanaan  Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional setiap bulannya bukan hanya sekedar rutinitas belaka, akan tetapi untuk mengajak setiap Aparatur Sipil Negara menyadari bahwa sebagai pelayan masyarakat dituntut untuk tetap mengutamakan peran sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah serta dapat meningkatkan semangat untuk bekerja dan mengabdi lebih baik lagi.

Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli juga mengajak seluruh peserta Upacara untuk mengoptimalkan penyelenggaraan Pemerintah Daerah demi mewujudkan Pemerintah yang bersih bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dengan melaksanakan tugas pokok dan fungsi Aparatur Sipil Negara dengan senantiasa berlandaskan pada ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Sehubungan dengan Upaya  preventif terhadap penyalahgunaan wewenang dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Kejaksaan mewujudkannya melalui Program Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) sebagai bentuk peran serta Kejaksaan dalam medukung keberhasilan Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Nasional di pusat maupun di daerah. Selain program TP4D,  ada Progam Jaksa Garda Desa. Program ini merupakan tindak lanjut Nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama antara Kejaksaan RI dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI yang dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2018 terkait pengawalan Dana Desa. Melalui program ini Kejaksaan melaksanakan pengawalan dan membantu mendampingi Kepala Desa mulai dari tahap merancang APBDes, penyaluran, pelaksanaan hingga sampai pada pelaporan dana Desa tersebut. Program ini dilaksanakan mengingat Dana Desa menjadi instrumen penting dalam  meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa.

Diakhir arahannya, Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli mengajak semua peserta upacara untuk bersyukur atas telah terlaksananya Pesta Demokrasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif dengan baik khususnya di Kabupaten Nias Utara dan mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah terlibat baik KPU, BAWASLU, TNI, POLRI serta seluruh masyarakat.

Dalam pelaksanaan upacara ini turut hadir Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, TNI dan POLRI, ASN, dan THL serta siswa/siswi SMP, SMA/SMK Lingkup Pemkab Nias Utara.