Kementerian Kelautan dan Perikanan Serahkan Bantuan Secara Simbolis Kepada Kelompok Konservasi Laut Indah Lestari (Koalisi Bahari)

Lotu (9/9/2019), Kementerian Kelautan dan Perikanan pada operasi Bhakti TNI AL Surya Baskara Jaya (SBJ) 68 Tahun 2019 dalam rangka Sail Nias 2019 di Kabupaten Nias Utara melaksanakan beberapa agenda kegiatan salah satunya adalah penyerahan bantuan simbolis berupa alat selam dan snorkeling sebesar Rp. 160.000.000 serta pondok informasi dan Landmark  sebesar Rp.200.000.000 kepada Kelompok Kelompok Konservasi Laut Indah Lestari (Koalisi Bahari) Desa Balefadorotuho Kecamatan Lahewa. Penyerahan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Nias Utara pada hari senin tanggal 09 September 2019 yang dihadiri oleh Bapak Bupati Nias Utara, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten dan seluruh Kepala OPD lingkup Pemkab Nias Utara. Hadir juga dari Biro Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kepala Stasiun Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Sondang Sitorus, S.Si, M.Si.

Pada Pembukaan acara ini Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua, S.Pi, M.Si menjelaskan bahwa  acara ini terlaksana atas dasar dari surat Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Nomor B-826/SJ/IX/2019 tanggal 6 September 2019 perihal permohonan dukungan operasi Bhakti TNI AL Surya Baskara Jaya (SBJ) 68 Tahun 2019 dalam rangka Sail Nias 2019 di Kabupaten Nias Utara. Selain kegiatan tersebut di atas ada beberapa agenda lain yang dilaksanakan  antara lain; (1) pelaksanaan restocking/penebaran 65.000 ekor benur Windu, 1.500 ekor benih Kakap Putih, 1.500 ekor benih Bandeng dan 5.000 ekor benih Nilem; (2) sosialisasi mitigasi bencana kepada masyarakat (peserta 50 orang), (3) melaksanakan program Gemar Makan Ikan (Edukasi Manfaat Ikan, Mutu Ikan dan Olahan Ikan) sebagai sosialisasi pencegahan stunting (sebanyak 100 murid SD); (4) pelatihan aneka olahan rumput laut (peserta 20 orang) dan sosialisasi ikan sehat dan bermutu serta Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56 Tahun 2016 tentang Larangan Penangkapan Kepiting, Lobster dan Rajungan. kegiatan ini semua dilaksanakan dari tanggal 09 september s.d 13 september di wilayah Kabupaten Nias Utara, ujar Kadis Perikanan Sabar Jaya Telaumbanua.

Hadir pada acara ini mewakili Kementerian Kelautan dan Perikanan Ibu Dra. Theresia Susanti Asih, M. Si selaku Kepala Seksi Wisata Bahari satuan kerja Direktorat Jasa Kelautan pada Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut menjelaskan bahwa pemberian bantuan ini kepada kelompok Koalisi Bahari diberikan atas dasar permohonan yang disampaikan oleh kelompok tersebut di atas untuk mengoptimalkan pengembangan ekowisata diving dan snorkeling di Kabupaten Nias Utara. Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara diharapkan dapat bersinergi dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten NIas Utara dalam mengoptimalkan dan memberdayakan kelompok masyarakat  untuk pengembangan ekowisata bahari di Kabupaten Nias Utara baik melalui program APBN, DAK, dana Desa melalui Bumdes maupun sumber program kegiatan lainnya, kita berharap ke depannya Nias Utara sudah memiliki Dive Center, tegas Susanti

Dalam arahan dan Bimbingan yang disampaikan oleh Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara menjelaskan bahwa pemerintah Kabupaten Nias Utara berterima kasih atas program bantuan dan agenda kegiatan lainnya yang dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan di wilayah Kabupaten Nias Utara selama penyelenggaraan Sail Nias 2019. Sebagaimana apa yang disampaikan oleh bapak presiden Jokowi sewaktu berkunjung ke Pulau Nias pada Tahun 2016 menyatakan bahwa ada 2 potensi yang perlu di kembangkan di Pulau Nias yaitu Pertama Pariwisata dan Kedua yaitu Perikanan. Untuk itu pemerintah Kabupaten Nias Utara telah berupaya untuk mengoptimalkan pengembangan kedua sektor ini walaupun APBD kita setiap tahun  terbatas. Jadi kami mengharapkan agar Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan dapat terus memprogramkan pembangunan sektor perikanan di Kabupaten NIas Utara.  Selanjutnya Bupati Nias Utara menekankan kepada Kelompok penerima manfaat ini supaya dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan kelompok dan masyarakat, kedepan dapat diharapkan mandiri dan menjadi Dive Center di Kabupaten Nias Utara.

Selanjutnya Ketua Kelompok Konservasi Laut Indah Lestari (Koalisi Bahari) Yanuarman Gulo menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Nias Utara khususnya Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara atas perhatian selama ini dimana kami terus diperhatikan mulai dari melibatkan kami dalam mengikuti pelatihan selam bersertifikat di Jani School  – Bali pada Tahun 2018 hingga saat ini dilibatkan ke lapangan untuk monitoring potensi  keragaman  bawah laut dan sumberdaya ikan di wilayah perairan Kabupaten Nias Utara. Ke depannya kami terus mengharapkan perhatian pemerintah di dalam membangun sektor pariwisata melalui diving dan snorkeling di wilayah Kabupaten Nias Utara, ujar Y. Gulo.

Diskominfo Nias Utara.