GRAND FINAL PUTRI PARIWISATA KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN 2019

Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) membuka dengan resmi Grand final putri pariwisata Kabupaten Nias Utara tahun 2019. Pelaksanaan kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di Tribun Kabupaten Nias Utara (Selasa, 18 Juni 2019).

 

 

 

 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pada laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Pemilihan Puteri Pariwisata tahun 2019 berdasarkan Keputusan Bupati Nias Utara Nomor: 556/115/K/Tahun 2019 tanggal 13 Mei 2019 tentang Pembentukan Tim Pelaksana Pemilihan Puteri Pariwisata Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2019. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama para generasi muda untuk mengembangkan potensi, bakat, kreativitas, dan kecerdasan yang dimilikinya, pengetahuan dan wawasan untuk mengenal lebih dalam tentang kepariwisataan, belajar bersosialisasi, menambah pengalaman, kreativitas seni budaya Nias Utara dan nasional, membentuk generasi muda Nias Utara yang berprestasi dan berakhlak mulia serta membantu Pemerintah Kabupaten Nias Utara untuk mempromosikan Kepariwisataan Nias Utara, menggali potensi destinasi wisata baru di Kabupaten Nias Utara, menyiapkan Puteri PariwisataNias Utara yang memiliki kompetensi yang mampu dalam mempromosikan objek wisata dan hasil industri kerajinan daerah, meningkatkan peran generasi muda Nias Utara dalam kerjasama antardaerah baik tingkat lokal, provinsi, nasional maupun internasional, menyiapkan Puteri terbaik Nias Utara yang berprestasi sebagai Puteri Pariwisata Nias Utara menjadi utusan daerah di ajang Provinsi Sumatera Utara dan tingkat nasional serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam bidang pariwisata.

Pada sambutan Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara (Hisikia Harefa, A.Ma.Pd) menyampaikan bahwa pemilihan putri pariwisata merupakan salah satu event strategis dalam mempromosikan keunikan budaya daerah dan objek wisata. Putri pariwisata sebagai duta wisata mempunyai peran penting dalam mempromosikan, memberikan informasi, serta memperkenlkan pariwisata daerah dan potensi-potensi wisata sehingga dapat memicu minat para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung melihat keindahan maupun keunikan alam yang ada di Kabupaten Nias Utara.

 

 

Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) yang memberikan arahan pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilihan putri pariwisata merupakan program rutin tahunan Yayasan Putri Pariwisata Indonesia kerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI dengan tahapan pelaksanaannya mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat (Nasional). Pemilihan Putri Pariwisata Kabupaten Nias Utara tahun 2019  adalah kegiatan yang kompetitif dikalangan generasi muda dan masyarakat untuk menambah wawasan maupun pengetahuan tentang dunia kepariwisataan dan kebudayaan. Putri Pariwisata Nias Utara yang terpilih dapat mewakili daerah Nias Utara untuk mempromosikan potensi wisata Kabupaten Nias Utara.  Juara I Putri Pariwisata akan diutus mewakili Kabupaten Nias Utara di ajang pemilihan Putri Pariwisata maupun Putri Indonesia pada masa yang akan datang. Diakhir arahannya Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) menyampaikan agar dewan juri objektif dan selektif dalam melakukan penilaian kepada para peserta sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Pagelaran grand final Putri Pariwisata Kabupaten Nias Utara tahun 2019 terpilih sebagai juara I atas nama Junita Timenikasih Zendrato, juara runner up I atas nama Dian Julisti Zalukhu, juara runner up II atas nama Pamitan Putri Juada Zalukhu, Juara photogenik atas nama Soniati Gea dan Juara favorit atas nama Teti Parwidianti Gea.

Dewan juri pada kegiatan ini yakni Dewi Juita Purba, Dermawani Gea, Ir. Otorius Harefe, David Richardo Wong dan Yuni Afrita Pohan.

Pada kegiatan ini turut hadir Wakil Bupati Nias Utara, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, ASN Lingkup pemerintah Kabupaten Nias Utara dan orang tua peserta grand final putri pariwisata Kabupaten Nias Utara tahun 2019.