Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang

  1. DASAR HUKUM
    1. Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Nias Utara di Provinsi Sumatera Utara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 184, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia  Nomor 4931);
    2. Peraturan Bupati Nias Utara No. 40 tahun 2016 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Nias Utara, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Nias Utara No. 3 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Nias Utara No. 40 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Nias Utara.
  1. STRUKTUR ORGANISASI

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI
    Tugas Pokok :

Membantu Kepala Daerah melaksanakan Urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten di bidang ketatausahaan, keuangan, bina marga, sumber daya air dan cipta karya, penataan ruang dan peralatan serta pembinaan kelompok jabatan fungsional pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang serta melaksanakan tugas pembantuan

Fungsi :

    1. Perumusan kebijakan teknis pemerintahan dan pelayanan umum pemerintah Kabupaten Nias Utara di bidang bina marga, sumber daya air dan cipta karya, penataan ruang dan peralatan;
    2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang bina marga, sumber daya air dan cipta karya, penataan ruang dan peralatan;
    3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang bina marga, sumber daya air dan cipta karya, penataan ruang dan peralatan;
    4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. PROFIL PIMPINAN
    1. Biodata
      Nama : ONAHIA TELAUMBANUA, ST., MT
      Pangkat Terakhir : Pembina Utama Muda (IV/c)
      NIP : 19680716 1998031 004
    1. Riwayat Jabatan
      • Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Nias Utara dari
        05 Januari 2022 s.d sekarang;
      • Sekretaris sekaligus Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Nias Utara dari 27 Oktober 2021 s.d 04 Januari 2022;
      • Kepala Seksi Pemeliharaan Bidang Peralatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Nias Utara dari 02 Juli 2021 s.d 26 Oktober 2021;
      • Analis Perencanaan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Nias Utara dari 01 Juli 2021;
      • Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Gunungsitoli dari 03 Januari 2020 s.d 30 Juni 2021;
      • Kepala Bagian Administrasi Pembangunan dan Infrastruktur dari 23 Agustus 2018 s.d 02 Januari 2020;
      • Pelaksana pada Bagian Administrasi Pembangunan dan Infrastruktur dari 03 Agustus s.d 22 Agustus 2018;
      • Staf pada Bagian Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Utara dari 21 Juli 2016 s.d 02 Agustus 2018;
      • Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Nias Utara Dari 13 Maret 2013 s.d 20 Juli 2016;
      • Sekretaris pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Nias Utara dari 19 Agustus 2011 s.d 12 Maret 2013;
      • Kabid Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nias dari 16 Januari 2009 s.d 18 Agustus 2011;
      • Pejabat Pembuat Komitmen pada Satuan Kerja Rehabilitasi dan Rekonstruksi Jalan
        Kabupaten Nias (BRR-NAD) Nias dari 03 Januari 2008 s.d 15 Januari 2009;
      • Kasubdis Pengembangan Prasarana Jalan pada Dinas Kimpraswil Kabupaten Nias dari 23 Mei 2005 s.d 02 Januari 2008;
      • Kepala Seksi Jalan Dinas Kimpraswil Kabupaten Nias Dari 17 September 2003 s.d 22 Mei 2005;
      • Staf pada Dinas Pekerjaan Umum Daerah Tingkat II Nias Kabupaten Nias dari 01 Agustus 1998 s.d 16 September 2003.
    1. Pendidikan
      • S-2 Sistem dan Teknik Jalan Raya dari Institut Teknologi Bandung, lulus tahun 2003;
      • S-1 Teknik Sipil dari Universitas Kristen Indonesia, lulus tahun 1995;
      • SLTA Jurusan Fisika dari SMA Swasta Pembda-I Gunungsitoli;
      • SLTP dari SMP Negeri Lahewa;
      • SD Negeri Toiwo.
  1. PROGRAM DAN KEGIATAN
    1. Program Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten/ Kota
      1. Administrasi Keuangan Perangkat Daerah;
      2. Administrasi Kepegawaian Perangkat Daerah;
      3. Administrasi Umum Perangkat Daerah;
      4. Penyediaan Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah;
      5. Pengadaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah;
      6. Pemeliharaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah.
    2. Program Penyelenggaraan Jalan,
      1. Penyelenggaraan Jalan Kabupaten/Kota.
    3. Program Pengelolaan Dan Pengembangan Sistem Drainase
      1. Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Drainase yang Terhubung Langsung dengan Sungai dalam Daerah Kabupaten/Kota.
    4. Program Pengelolaan Sumber Daya Air (SDA),
      1. Pengelolaan SDA dan Bangunan Pengaman Pantai pada Wilayah Sungai (WS) dalam 1 (satu) Daerah Kabupaten/Kota;
      2. Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Irigasi Primer dan Sekunder pada Daerah Irigasi yang Luasnya dibawah 1000 Ha dalam 1 (satu) Daerah Kabupaten/Kota.
    5. Program Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum,
      1. Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Daerah Kabupaten/Kota.
    6. Program Penyelenggaraan Penataan Ruang,
      1. Penetapan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Rinci Tata Ruang (RRTR) Kabupaten/Kota;
      2. Koordinasi dan Sinkronisasi Pemanfaatan Ruang Daerah Kabupaten/Kota;
      3. Koordinasi dan Sinkronisasi Pengendalian Pemanfaatan Ruang Daerah Kabupaten/ Kota.
Sumber :Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Januari 2022