Dinas Kesehatan

  1. DASAR HUKUM
    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Nias Utara di Provinsi Sumatera Utara.
    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.
    3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit.
    4. Peraturan Daerah Kabupaten Nias Utara Nomor 7 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Nias Utara;
    5. Peraturan Bupati Nias Utara Nomor 40 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Nias Utara.
    6. Peraturan Bupati Nias Utara Nomor 23 Tahun 2017 tentang Tugas dan Fungsi Jabatan Serta Rincian Tugas Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Nias Utara
  1. STRUKTUR ORGANISASI

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI
    Tugas Pokok : membantu Bupati melaksanakan Urusan Pemerintahan di bidang kesehatan yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan yang diberikan kepada Daerah Kabupaten.
    Fungsi :

    1. Perumusan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, kefarmasian, alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya kesehatan;
    2. Pelaksanaan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, kefarmasian, alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga (PKRT) serta sumber daya kesehatan;
    3. Pelaksanaan evalusasi dan pelaporan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, kefarmasian, alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga (PKRT) serta sumber daya kesehatan;
    4. Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya.
  1. PROFIL PIMPINAN
    1. Biodata
      Nama : Yoniari Nazara, SKM
      Pangkat Terakhir : Pembina (IV/a)
      NIP :  19690117 199203 1 003
    1. Riwayat Jabatan
      • Kadis Kesehatan Nias Utara 19-03-2019
      • Sekretaris BPBD sekaligus Plt. BPBD 25-05-2016
      • Sekretaris Dinas Sosial 13-03-2013
      • Kepala Bidang Sosial 25-01-2012
      • Kepala Bidang P2-PL 21-03-2011
      • Kasie Pencegahan dan Imunisasi  2010
    1. Pendidikan
      • Sarjana STIKES Nauli Husada Sibolga                  2017
      • SPK Gunungsitoli 1989
      • SMP Swasta Maranata Sawo 1986
      • SD Negeri 071028 Luzamanu 1982
  1. PROGRAM DAN KEGIATAN
  1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  2. Program Peningkatan Sarana Dan Prasarana Aparatur
  3. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  4. Program Obat dan Perbekalan Kesehatan
    1. Pengadaan obat pelayanan kesehatan dasar
    2. Pengadaan Bahan Habis Pakai (BHP)
    3. Pengadaan Sarana Prasarana IFK
    4. Perencanaan obat terpadu Kabupaten
    5. Pelatihan petugas pengelola obat Puskesmas
    6. Penyelenggaraan administrasi pengelolaan obat dan perbekalan kesehatan
  5. Program Upaya Kesehatan Masyarakat
    1. Kegiatan aksi pengobatan gratis di daerah terpencil
    2. Pelatihan sistem informasi puskesmas (SIP)
    3. Pembinaan kesehatan rujukan
    4. Pelatihan manajemen puskesmas
    5. Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)
    6. Deteksi dini kanker servik dan payudara
    7. Pelatihan PPGD bagi tenaga kesehatan
    8. Pelatihan pelayanan standar bagi tenaga kesehatan di Puskesmas
  6. Program Pengembangan Obat Tradisional
    1. Sosialisasi pemanfaatan obat tradisional
  7. Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat
    1. Penyebarluasan informasi kesehatan
    2. Penyuluhan kesehatan
    3. Pelatihan kader posyandu
    4. Peningkatan kapasitas kader posyandu
    5. Perayaan hari kesehatan nasional (HKN)
    6. Penyuluhan kesehatan tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)
  8. Program Perbaikan Gizi Masyarakat 
    1. Monitoring evaluasi dan pelaporan
    2. Pelatihan petugas pengelola gizi puskesmas
    3. Pemeriksaan dan sosialisasi pemakaian garam beryodium di masyarakat
    4. Ditribusi dan Monitoring Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) Bagi Ibu Hamil
    5. Ditribusi dan Monitoring Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) Bagi Remaja Putri
    6. Workshop Gizi Buruk Bagi Tenaga Kesehatan  dan PKK
    7. Penurunan stunting
  9. Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular
    1. Monitoring Evaluasi dan Pelaporan
    2. Pelaksanaan Imunisasi rutin
    3. Pelaksanaan kegiatan BIAS
    4. Pemberantasan Penyakit menular
    5. Pencegahan penyakit menular pada kejadian wabah
    6. Pengawasan dan pemeriksaan air
    7. Biaya Transportasi penjemputan vaksin
    8. Biaya pembinaan Desa STBM
  10. Program Standarisasi Pelayanan
    1. Penyusunan Profil Kesehatan
    2. Akreditasi Puskesmas
  11. Program Pengadaan, Peningkatan dan Perbaikan Sarana Pelayanan Kesehatan
    1. Pembangunan / Rehabilitasi Puskesmas dan jaringannya
    2. Pengadaan alat kesehatan Puskesmas
    3. Pengadaan Sarana Air Bersih
    4. Pengadaan sarana listrik di Puskesmas dan Jaringannya
  12. Program Pengadaan, Peningkatan Sarana dan Prasarana Rumah Sakit/ Rumah Sakit Jiwa/ Rumah Sakit Paru-paru/Rumah Sakit Mata
    1. Lanjutan pembangunan Rumah Sakit Pratama Nias Utara
    2. Persiapan Akreditasi Rumah Sakit
    3. Pengadaan Alat Kesehatan Rumah Sakit
    4. Pengadaan Dokter Spesialis
    5. Pengembangan Rumah Sakit dari Tipe D Pratama menjadi Tipe D.
    6. Peningkatan kualitas SDM Rumah Sakit melalui pelatihan
  13. Program kemitraan Peningkatan Pelayanan Kesehatan
    1. Kemitraan Asuransi Kesehatan Masyarakat JKN
    2. Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA)
    3. Tim Monitoring Pelaksanaan JKN Kabupaten Nias Utara
    4. Jaminan Persalinan (JAMPERSAL)
    5. Bantuan Operasional Kesehatan Puskesmas (BOK)
    6. BOK UKM Kabupaten
    7. BOK Distribusi Obat dan Logistik
  14. Program KIA
    1. Penjaringan Ibu Hamil Beresiko Tinggi
    2. Sosialisasi kelas ibu hamil bagi tenaga kesehatan
    3. Pembentukan kelas ibu hamil
    4. Sosialisasi program P4K bagi tenaga kesehatan dan masyarakat
    5. Workshop pemeriksaan bagi ibu hamil dengan anemia bagi bidan
    6. Pengelolaan program KIA
  15. Program Peningkatan Kesehatan Anak dan Remaja
    1. Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja
    2. Penjaringan Kesehatan Peserta Didik Kelas 1, 7 dan 10
    3. Pelayanan dan penyuluhan Kesehatan Gigi di Sekolah
  16. Program Peningkatan Sistem Manajemen Kesehatan
    1. Penyelenggaraan Rapat Kerja Kesehatan Daerah
    2. Pelaksanaan rapat koordinasi kesehatan
    3. Pengelolaan sistem informasi kesehatan (SIK)
    4. Penyelenggaraan kegiatan organisasi/profesi kesehatan
    5. Pengadaan sarana sistem informasi puskesmas (SIP)
  17. Program dan Fasilitas Pengelolaan Keuangan
    1. Penyusunan laporan asset/barang daerah
    2. Pelatihan Pembuatan Pertanggung Jawaban Keuangan Dinas Kesehatan dan Jaringannya
    3. Pengelolaan Manajemen Anggaran SKPD
Sumber :Dinas Kesehatan©Mei 2019