CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DAN PENGHEMATAN ANGGARAN, BUPATI NIAS UTARA PERINTAHKAN SELURUH OPD MANFAATKAN TEKNOLOGI DALAM MELAKSANAKAN RAPAT-RAPAT

Mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) melalui pertemuan berkelompok dan kontak dengan orang lain serta penghematan biaya rapat-rapat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Utara, Bupati Nias Utara (M.Ingati Nazara) menggelar rapat di aula Kantor Bupati dan perintahkan seluruh OPD manfaatkan teknologi komunikasi interaktif jarak jauh melalui sarana videoconference (vidcon) (Kamis, 26 Maret 2020).

Semakin meningkatnya jumlah korban yang terpapar virus corona, khususnya di Indonesia, Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara terus melakukan upaya-upaya pencegahan dini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan social distancing dengan mengurangi pelaksanaan rapat-rapat atau pertemuan langsung satu dengan lainnya dan menggantinya dengan pertemuan memanfaatkan teknologi komunikasi interaktif jarak jauh melalui sarana vidcon.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Nias Utara juga menyampaikan bahwa pelaksanaan rapat memanfaatkan sarana vidcon adalah langkah kebijakan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara untuk menghemat biaya rapat-rapat. “Rapat-rapat bisa kita laksanakan dengan memanfaatkan teknologi. Maka mulai hari ini dan seterusnya semua rapat dilaksanakan melalui videoconference.” tegas Bupati.

Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara melakukan penghematan biaya rapat-rapat dengan memanfaatkan vidcon adalah juga merupakan salah satu upaya melakukan re-alokasi anggaran menindaklanjuti instruksi Gubernur Sumatera Utara (Edy Rahmayadi) pada saat melakukan videoconference dengan Bupati Nias Utara (Selasa, 24 Maret 2020). Gubernur telah menginstuksikan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara segera melakukan re-alokasi anggaran secepatnya dan dan melakukan Perubahan Penjabaran APBD dengan mempedomani Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerah dan menjadikannya kegiatan prioritas.
Kegiatan rapat tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian dan Camat se-Kabupaten Nias Utara.